Tips Menghindari Anak Bermasalah dengan Tas Sekolahnya!

Tips Menghindari Anak Bermasalah dengan Tas Sekolahnya!

Ilustrasi seorang anak dengan tas sekolah berbeban berat. (istimewa)

JAKARTAINSIGHT.com | Kejadian ini seringkali dilupakan banyak orangtua, dimana beban sang anak saat membawa tas sekolah dengan beban berlebih dapat membuat gerak dan pertumbuhan kesehatannya terhambat. 

Akibat sering menggendong tas ransel yang terlalu berat umumnya berhubungan dengan kondisi otot dan sendi bahu maupun punggung. Maka dari itu, orangtua harus pandai memilih tas yang tepat untuk anak.

Anak-anak mempunyai kebiasaan bersemangat membawa banyak barang di ranselnya pada awal masuk sekolah, dari buku hingga bekal makan siang. Hal ini tidak dilarang, hanya sebagai orang tua kita perlu lebih memperhatikan beban yang akan dibawanya.

Tanda-tanda berat tas sekolah yang dibawa anak sudah berlebih adalah sebagai berikut:

- Anak mengeluhkan sakit pada punggungnya.

- Anak harus memiringkan tubuhnya, saat ingin menyesuaikan posisi ransel.

- Tangan dan lengannya sering kesemutan.

 

Apabila anak sudah mulai menunjukkan tanda-tanda tersebut, maka orangtua harus peka dan segera melakukan langkah-langkah penyesuaian, dengan cara berikut ini:

1. Membatasi barang yang akan dibawa anak di dalam ranselnya, hanya seberat 10-20 persen dari bobot tubuhnya.

2. Memberikan tas ransel dengan tali lebar, yang dilengkapi bantalan.

3. Hindari tas yang hanya memiliki satu tali.

4. Beritahu Si Kecil untuk menggunakan ransel dengan tali di kedua bahu.

5. Sebagai alternatif, anak bisa menggunakan ransel yang memiliki roda dan bisa didorong.

6. Apabila anak sudah mulai mengeluh sakit punggung, segera periksakan ke dokter spesialis anak. Sakit punggung yang dirasakan memang belum pasti disebabkan oleh tas anak.

 

Dampak buruk lainnya akibat tas ransel anak yang kelebihan beban karena secara rutin setiap hari sekolah, bisa menimbulkan berbagai dampak untuk kesehatan, seperti:

1. Membuat postur tubuh menjadi kurang baik

Menggunakan tas ransel dengan cara yang kurang benar, juga bisa berpengaruh pada postur tubuh. Pada anak perempuan lebih berisiko mengalami gangguan postur akibat penggunaan tas ransel yang terlalu berat.

Sebab dengan tubuh yang relatif lebih kecil, anak perempuan pun bisa membawa beban yang sama beratnya dengan anak laki-laki, saat ke sekolah. Sehingga, berat tas sekolah yang dibawa, sudah melebihi 10-20% dari berat badan.

 

2. Rasa nyeri saat tas ransel anak yang berat tidak digunakan dalam posisi tepat di bahu, selain bisa membuat anak tertarik hingga jatuh ke belakang. Lebih parah lagi, berat tas sekolah yang berlebih juga bisa membuat tulang belakang menjadi melengkung ke depan.

Kondisi ini dapat membuat tulang belakang berubah, dan menyebabkan munculnya rasa sakit di leher, bahu, dan punggung.

Kebiasaan menggunakan ransel hanya di salah satu bahu, juga bisa menimbulkan rasa nyeri di punggung bagian atas dan bawah. Kemudian, kebiasaan ini juga bisa membuat leher serta bahu menjadi tegang.

 

3. Gangguan lain yang muncul akibat membawa tas dengan beban berlebih juga bisa berefek pada peredaran darah dan saraf, jika si anak terbiasa menggunakan tas ransel dengan tali kecil. Jenis tali tas seperti itu, bisa menimbulkan kesemutan, dan membuat tangan serta langan menjadi lemah.

 

4. Tas ransel anak yang terlalu besar dan berat, juga bisa menimbulkan masalah keselamatan. Anak-anak dengan tas tersebut, kerap tidak menyadari berat tas sekolah yang mereka gunakan, dan tidak sengaja membentur anak lain.

Teman sekelasnya pun, berisiko tersandung tas yang besar, saat tas tersebut diletakkan lorong kelas. Selain itu, tas ransel anak yang berat juga bisa melukai anak yang tidak sengaja tertimpa tas tersebut, jika tas jatuh.

Berat tas sekolah yang berlebih juga bisa mengubah cara berjalan anak-anak. Hal ini berisiko membuat mereka lebih rentan jatuh atau tersandung saat naik dan turun tangga.

 

Apa yang harus diperhatikan orangtua pada tas sekolah anak?

- Pilihlah tas dengan tali yang lebar. 

- Pilih tas dengan dua tali.

- Pilih tas dengan bantalan di bagian belakang punggung. 

- Pilih tas dengan sabuk atau ikatan untuk pinggang. Tas yang memiliki ikat pinggang, bisa mendistribusikan beban menjadi lebih merata.

- Pilih tas berbahan ringan. 

- Pilihlah tas yang dilengkapi dengan roda. 

 

Penulis: Iwan
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });