Cara Merawat Shockbreaker Motor Agar Tetap Nyaman, Berikut Tipsnya!

Cara Merawat Shockbreaker Motor Agar Tetap Nyaman, Berikut Tipsnya!

Contoh shocbreaker pada motor. (istimewa)

JAKARTAINSIGHT.com | Bila anda merasa pegal saat usai mengendarai sepeda motor, bukan menyalahkan kondisi tubuh sedang tidak fit. Terlebih bila sebelum mengendarai motor anda dalam kondisi sehat. Lantas apa penyebabnya?

Banyak orang tidak memperhatikan kesehatan atau kondisi motor yang akan dipakai. Bagi pemilik kendaraan bermotor roda dua, sebaiknya perhatikan motor anda sebelum mengendarainya. Karena bila ada yang kurang baik ini dapat berakibat bahaya dan tidak nyaman.

Shockbreaker, adalah salah satu part dari motor yang harus mendapat perhatian lebih. Hal ini agar tidak berbahaya dan kenyamanan pengendara juga maksimal. Shockbreaker merupakan penopang bodi kendaraan dan pengendara dengan ban. Apabila shockbrekaer kedapatan sudah mati, sebaiknya segera di ganti .

 

Bagaimana merawat shocbreaker agar awet dan nyaman?

Pertama, bersihkan shockbreaker minimal seminggu sekali. Debu, lumpur sisa hujan, benang, dan kotoran lain biasanya akan menempel pada bagian dalam shockbreaker saat digunakan di jalan raya. Membersihkan secara rutin bagian dalam shockbreaker akan membuat kinerja motor menjadi lebih terjaga. Tak hanya itu, bagian seal dan piston pun tentu saja tidak akan cepat aus karena selalu terjaga kebersihannya.

Kedua, hindari melintas di jalan yang tidak rata sedapat mungkin. Kondisi jalan yang tidak stabil dan rusak bisanya memang akan membuat shockbreaker motor menjadi cepat rusak. Untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan, sebaiknya hindari jalan-jalan bergelombang, tak rata, dan banyak mengandung kerikil tajam. Jalanan yang mulus selain membuat shockbreaker terjaga juga membuat perjalananmu terasa nyaman dan mengasyikkan.

Ketiga, mengganti oli shocbrekaer setiap beberapa tahun sekali, cara ini dilakukan agar tidak berkarat dan rusak, selain itu getaran pun akan terasa empuk nyaman. 

Keempat, menjaga beban angkutan sesuai batas anjuran pabrik. Jangan membebani motor terlalu berat karena secara tak langsung akan membuat shockbreaker mengalami kerusakan lebih cepat. 

Dan kelima adalah, tidak menambahkan berbagai aksesoris yang tidak perlu pada shockbreaker. Meskipun hanya sekadar untuk gaya-gayaan, penambahan aksesoris yang tidak perlu juga dapat membuat shockbreaker cepat rusak. 

Penulis: Iwan
Editor:Yazeed Alexander

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });