Terkenal Menutup Diri, Korea Utara Bikin Smartphone Sendiri Khusus Warganya

Terkenal Menutup Diri, Korea Utara Bikin Smartphone Sendiri Khusus Warganya

Istimewa

 

JAKARTAINSIGHT.com | Korea Utara kita ketahui adalah negara yang sarat akan pembatasan bagi warga negaranya dalam segala urusan, termasuk pula komunikasi. Mereka tidak diperkenankan bersentuhan dengan dunia luar.

Tapi, meski Korea Utara sangat protektif terhadap dunia luar, mereka tetap tidak ingin ketinggalan soal urusan teknologi. Pasalnya negara komunis itu dikabarkan tengah merancang smartphone sendiri, yang menurut Mirror smartphone itu dinamakan Pyongyang 2425.

Perangkat yang diproduksi di Tiongkok itu ditenagai prosesor 8-core, memiliki fitur facial recognition, dan bisa di-charge dengan teknologi wireless.

Sayangnya, smartphone ini hanya bisa terkoneksi lewat WiFi dalam negeri saja yang bernama Mirae, serta pengguna tidak bisa membuka foto dan ringtone standar bawaan.

Usut punya usut, ternyata Daily NK yang pertama kali dapat bocoran tentang hal ini. Media Korea Selatan itu berhasil memiliki satu foto Pyongyang 2425 dan berkesempatan mengecek serial numbernya.

Benar saja, smartphone itu ternyata memang diproduksi di Tiongkok.

Diperkirakan, otoritas Korea Utara memesan smartphone tersebut dalam bentuk jadi, namun dimodifikasi perangkat lunaknya, demikian pernyataan dari pihak Daily NK.

Untuk aplikasinya sendiri, smartphone ini hanya memuat aplikasi belajar bahasa Tiongkok dan Inggris, kamus (yang isinya sudah disetujui pemerintah) serta aplikasi pemantau cuaca.

Ada juga aplikasi library yang hampir mirip dengan Apple Books, di mana pengguna bisa membaca bacaan dari seluruh penjuru dunia, tentu saja isinya sudah disetujui pemerintah.

Tapi, lagi-lagi karena protektifnya pemerintah hingga internet di Korea Utara sangat terbatas, aplikasi tersebut harus diinstal oleh teknisi saat pengguna membeli perangkat.

Namun para penjual mengatakan smartphone ini bisa digunakan seperti smartphone pada umumnya, seperti untuk bermain gim, membaca buku, mendengarkan musik, berkaraoke, belajar memasak, dan lainnya.

 

 

Penulis: Ganest
Editor:Yazeed Alexander

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });