Viral Foto Tenda Bertingkat di Mina, Ini Penjelasan Kemenag

Viral Foto Tenda Bertingkat di Mina, Ini Penjelasan Kemenag

Ilustrasi gambar : Tenda bertingkat di Mina yang sedang dikaji pemerintah Saudi (istimewa)

JAKARTAINSIGHT.com | Direktur Layanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis merespon informasi yang viral di media sosial bawha tahun ini akan dilakukan proyek penggantian tenda di Mina. Disebutkan juga bahwa tenda tersebut terdiri dari dua lantai dengan WC/Toilet yang dan kasur dua tingkat. Informasi ini disertai dengan foto bagian luar dan video bagian dalam tenda bertingkat yang akan digunakan.

“Berdasarkan informasi dari Ketua Muassasah Asia Tenggaran Amin Indragiri, proyek penyediaan tenda bertingkat tidak untuk dilaksanakan tahun ini,” tutur Sri Ilham di Jakarta, Jumat (28/06)

“Foto dan video yang viral itu hanya contoh untuk diujicobakan pelaksanaannya, bisa jadi untuk tahun depan. Contoh tenda tersebut berada di pameran,” sambungnya.

Mina selalui menjadi isu krusial dalam penyelenggaraan ibadah haji. Sebab, luas areal Mina sangat terbatas sehingga jemaah hanya mendapat ruang yang sangat sempit saat menginap (mabit) di sana. Apalagi, proses menginap berlangsung cukup lama, dua sampai tiga malam. Keterbasan area itu juga berdampak pada keterbatasan toilet. Akibatnya, fase mabit di Mina selalu diwarnai antrian panjang jemaah saat akan ke toilet.

“Terobosan ini baik. Semoga bisa segera diterapkan dan menjadi solusi atas keterbatasan areal yang ada di Mina, dan jemaah bisa lebih nyaman dalam beribadah,” tutupnya.

 

Respon Pihak Asosiasi Haji dan Umrah.

Menanggapi wacana kajian tenda bertingkat di Mina, Ketua Umum SAPUHI (Sarikat Penyelenggara Umrah dan Haji Indonesia) H. Syam Resfiadi mengatakan sangat menyambut baik hal tersebut.

"Tenda bertingkat salah satu jalan keluar yg luar biasa bila disetujui Pemerintah Saudi Arabia, karena dapat menampung jemaah lebih banyak. Hanya saja perlu dipikirkan adalah toilet dan ruang makan juga agar bisa menampung penambahan jamaah tersebut," ujar Syam.

Penulis: Addo
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });