Sanksi Baru AS untuk Iran Targetkan Industri Petrokimia

Sanksi Baru AS untuk Iran Targetkan Industri Petrokimia

Presiden Amerika Serikat Donald Trump (Istimewa)

 

JAKARTAINSIGHT.com | Departemen Keuangan Iran pada Jumat (7/6/2019) menyampaikan bahwa Amerika Serikat (AS) telah menjatuhkan sanksi baru dengan menargetkan industri petrokimia Iran, termasuk kelompok induk petrokimia terbesarnya, atas dukungan keuangan Iran untuk Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC).

Sementara itu, Iran juga menolak gagasan untuk mengadakan pembicaraan internasional yang lebih luas tentang ambisi nuklir dan militernya.

Washington menekan Iran karena program rudal nuklir dan balistiknya, serta untuk mengobarkan perang proksi di negara-negara Timur Tengah lainnya.

Langkah-langkah baru mengikuti putaran sanksi yang diberlakukan bulan lalu dengan menargetkan pendapatan ekspor Iran dari logam industri.

Dikabarkan Al Jazeera, ketegangan antara kedua negara memburuk bulan lalu ketika pemerintahan Presiden AS Donald Trump memerintahkan pengerahan kelompok serangan kapal induk, pembom dan rudal Patriot ke Timur Tengah.

Hal itu berdasarkan informasi pihak intelijen AS tentang kemungkinan persiapan Iran untuk menyerang pasukan atau kepentingan AS.

Pentagon juga menuduh IRGC bertanggung jawab langsung atas serangan 12 Mei di lepas pantai Uni Emirat Arab yang merusak dua kapal tanker Saudi, satu kapal Emirati, dan satu kapal tanker Norwegia.

Iran hanya akan berbicara tentang kesepakatan nuklir

Iran menolak seruan Perancis untuk pembicaraan internasional yang lebih luas mengenai ambisi nuklir dan militernya.

Televisi Iran melaporkan pada hari Jumat, bahwa Iran hanya akan membahas pakta atom 2015 yang ada dengan kekuatan dunia.

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan sehari sebelumnya bahwa Paris dan Washington sama-sama ingin menghentikan Iran dari mendapatkan senjata nuklir - dan bahwa pembicaraan baru harus fokus pada pengekangan program rudal balistik Iran serta masalah-masalah lainnya.

 

 

Penulis: Bintang adiguna
Editor:Ganest

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler