Jelang Puncak Arus Balik, Berikut Tips Hindari Kelelahan di Jalan

Jelang  Puncak Arus Balik, Berikut Tips Hindari Kelelahan di Jalan

Istimewa

 

JAKARTAINSIGHT.com | Arus balik diprediksi mencapai puncaknya pada 8 dan 9 Juni 2019, hampir dipastikan pemudik yang menggunakan jalur darat akan bertemu dengan kemacetan hingga dapat memakan waktu perjalanan hingga berjam-jam lamanya.

Pada kondisi tersebut pemudik cukup rentan mengalami kelelahan karena perjalanan yang panjang dan lama. Jika sudah demikian, daya tahan tubuh akan menurun sehingga mudah terpapar berbagai penyakit dan infeksi.

Hal itu diungkapkan Ahli Endoskopi Gastrointenstinal yang juga Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr.dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB.

“Pemudik bisa terpapar infeksi, baik infeksi saluran pernafasan, infeksi pencernaan atau terkena infeksi demam berdarah. Stres yang terjadi akibat kemacetan juga memperburuk keadaan,” tegasnya yang dikutip dari Jawapos.com, Jumat (7/6/2019).

Untuk itu penting diketahui bahwa mempersiapkan kondisi tubuh sangat diperlukan saat akan melakukan perjalanan yang panjang serta berisiko menjumpai kemacetan agar tidak mengalami kelelahan.

Berikut tips untuk pemudik agar tidak mengalami kelelahan di jalan:

Istirahat yang cukup

Penting dilakukan adalah istirahat yang cukup sebelum memulai perjalanan untuk mempersiapkan kondisi tubuh agar tidak cepat lelah.

Minum air putih yang banyak

Mau tidak mau dan suka tidak suka pemudik harus banyak minum air putih sebelum berangkat, dan kalau perlu mengosumsi suplemen atau vitamin sehingga tubuh akan tetap terhidrasi. Jangan lupa air putih dibawa sebagai perbekalan.

Konsumsi Buah

Selama mudik akan baik jika membawa buah-buahan. Banyak mengosumsi buah-buahan terutama yang banyak mengandung air akan membuat tubuh tetap terhidrasi.

Pilih waktu yang baik

Sebelum memutuskan kapan akan memulai perjalanan, alangkah baiknya mengamati situasi jalan yang akan dilalui nanti dengan mencari informasi melalui media yang mengabarkan kondisi lalu lintas arus balik. Dengan demikian Anda bisa mengatur waktu yang baik agar terhindar dari kemacetan.

 

 

Penulis: Ganest
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });