Bikin Adem! Berikut Rentet Fakta Tanda Berakhirnya Ketegangan Politik SBY - Megawati

Bikin Adem! Berikut Rentet Fakta Tanda Berakhirnya Ketegangan Politik SBY - Megawati

foto (istimewa)

JAKARTAINSIGHT.com | Kehadiran presiden RI kelima, Megawati Soekarno Putri saat upacara pemakaman Alm Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Kalibata beberapa waktu lalu secara tak langsung menjadi indikasi berakhirnya ketegangan antara Ketua Umum PDIP tersebut dengan Presiden keenam RI, Soesilo Bambang Yudhoyono atau akrab disebut SBY.

Dari sejumlah gambar yang diabadikan usai upacara pemakaman ibu Ani tersebut, nampak senyum sumringah Megawati saat SBY meenghampiri dan memberikan salam.

Selain itu, kunjungan silaturahmi AHY dan Ibas ke kediaman Megawati saat Idul Fitri Rabu (5/6) kemarin kian mempertegas hal tersebut. Di akhir kunjungan AHY dan Ibas bersama sang istri masing-masing, yakni yakni Annisa Pohan dan Aliya Rajasa ke kediaman Megawati tersebut, kedua keluarga mantan presiden RI tersebut sempat mengabadikan foto kebersamaan.

Foto kebersamaan tersebut diunggah Puan Maharani melalui akun Instagram pribadinya @Puanmaharaniri dengan menuliskan keterangan di Teuku Umar dengan AHY dan EBY. Puan juga menambahkan simbol senyuman dan memberi taggar #IdulFitri2019.

Memaknai silaturahmi keluarga SBY dan Megawati tersebut, pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada Arie Sujito mengungkapkan "AHY ingin memutus dendam atau ketegangan politik sejarah SBY dengan Mega," ujar pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada Arie Sujito saat dihubungi, Kamis (6/6/2019).

Lebih lanjut Arie juga menambahkan, kunjungan tersebut juga bisa dimaknai sebagai proses rekonsiliasi politik pasca-Pilpres 2019. Seperti dilansir laman detik.com. Arie mengatakan,"Politik yang kemarin menegangkan, (saat) Pemilu 2019 dengan formasi politik yang ada, Demokrat ini kan sedang menghadapi situasi tidak jelas, di persimpangan.

Dulu 2014 juga mengalami itu. Nah, 2019 ini adalah pelajaran bagi Demokrat. Jadi menurutku, jalan yang ditempuh oleh AHY mendekati Jokowi itu bagian dari upaya untuk membangun rekonsiliasi," sambungnya.

Puan Maharani bersalaman dengan SBY saat membesuk Ani Yudhoyono (istimewa)

 

Melihat kebelakang, proses berakhirnya ketegangan politik antara SBY dan Megawati sendiri sebenarnya sudah nampak saat Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia pada Kabinet Kerja sekaligus putri dari Megawati, Puan Maharani saat menjenguk Ani Yudhoyono di Singapura pada Kamis 21 Maret 2019 kemarin.

Dalam foto-foto kunjungan Puan, putri Megawati Soekarnoputri itu tampak berbincang dengan SBY. Rombongan Puan dan keluarga SBY duduk di satu ruangan.



 

Penulis: Addo
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler