Keren, Ada Teknologi Cek Kesegaran Telur Pakai Smartphone

Keren, Ada Teknologi Cek Kesegaran Telur Pakai Smartphone

Telur Ayam (Istimewa)

JAKARTAINSIGHT.com | Ketika membeli telur terkadang ada saja mendapati telur yang tak segar atau bahkan busuk. Kondisi tersebut memang tak selalu sering dijumpai, tapi saat menemukannya sungguh menjadi hal yang tak mengenakkan.

Untuk menghindari hal demikian, peneliti di Korea Selatan mengembangkan teknologi yang memungkinkan konsumen untuk memeriksa kesegaran telur dengan mudah melalui smartphone mereka.

Seperti dilaporkan Kantor Berita Yonhap, Institut Penelitian Makanan Korea (KFRI) mengatakan teknologi baru itu menggunakan label sensor nirkabel yang dapat digunakan kembali, unit komunikasi dan perangkat lunak dinamis untuk memeriksa pergerakan dan suhu telur di sekitarnya tanpa memecahkan cangkang.

"Sistem prediksi dinamis menganalisis data yang dikumpulkan dan menentukan kesegaran menggunakan unit Haugh," kata Kim Ji-young, yang memimpin tim peneliti KFRI.

Unit Haugh mengukur berat dan ukuran putih telur untuk memeriksa kesegarannya, dengan jumlah yang lebih tinggi mewakili kualitas yang baik.

Dengan label dan sensor yang terhubung ke jaringan komunikasi lokal, tingkat akurasi 90 persen kesegaran telur dapat dicapai dengan pemantauan real time pada setiap ponsel pintar.

Peneliti mengatakan jika mereka mendapatkan mitra perusahaan untuk mengaplikasikan teknologi itu, maka pelacak telur itu akan hadir pada 2021.

Selain telur, teknologi cek kesegaran itu juga bisa diterapkan untuk kimchi. Khusus kimchi, makanan tradisional Korea yang selalu dihidangkan di meja makan, sistem dapat memeriksa tingkat fermentasi yang akan memengaruhi rasa.

 
Penulis: Ganest
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler