Menu Lebaran Dapat Meningkatkan Kolesterol, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Menu Lebaran Dapat Meningkatkan Kolesterol, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Hidangan lezat yang dapat memicu naiknya kolesterol. (istimewa)

JAKARTAINSIGHT.com | Saat lebaran tiba kebiasaan banyak orang adalah menyiapkan berbagai santapan dan hidangan lezat, sebagai persiapan menjamu sanak saudara ynag hendak bersilaturahmi. Selain itu juga sebagai ungkapan rasa syukur setelah berpuasa selama sebulan penuh.

Namun bagi sebagian besar orang yang memiliki masalah dengan kesehatan tentunya juga merupakan suatu kekuatiran besar. Pasalnya dari hidangan tersebut bisa saja mengakibatkan kolesterol meningkat, bahkan gangguan kesehatan lainnya.

Nah, untuk mengatasi masalah kekuatiran naiknya kolesterol dalam tubuh akibat mengkonsumsi hidangan lezat saat lebaran, sebenarnya ada beberapa makanan yang juga wajib dikonsumsi agar kolesterol bisa dinetralisasi.

Sebagian besar orang yang sensitif terhadap kolesterol kerap deg-degan ketika lebaran tiba. Sebab, banyak sekali hidangan lebaran yang disajikan yang mengandung kolesterol tinggi, yang dengan berbagai macam alasan, tak dapat dihindari.

Mau tahu jenis makanan apa saja yang dapat membantu netralkan kolesterol?

Berikut ini beberapa makanan yang bisa dipilih dalam mengatasi naiknya kolesterol, yaitu:
1. Oatmeal/sereal dari gandum
Makanan kaya serat yang berasal dari gandum ini sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Oatmeal baik untuk kesehatan, kecuali bagi penderita alergi gluten, karena mengandung serat yang dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam darah. Cukup mengonsumsi 10 gram serat oatmeal, Anda sudah dapat merasakan manfaatnya dalam memerangi kolesterol di dalam tubuh.

2. Kacang kedelai
Kacang kedelai mengandung zat yang bernama isoflavon yang dapat membantu tubuh memerangi kolesterol jahat dalam darah. Ini juga berlaku ke dalam produk-produk yang berasal dari kacang kedelai seperti tempe, tahu, atau susu kedelai. Manfaat ini akan terasa jika Anda menyingkirkan minyak sawit untuk mengolahnya, dan memilih untuk mengolahnya dengan cara merebus. Cukup mengonsumsi 25 gram protein dari kacang kedelai, Anda sudah dapat merasakan manfaatnya dalam mengatasi kolesterol.

3. Alpukat
Alpukat termasuk dalam golongan buah yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Buah ini mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sekaligus menurunkan LDL. Alpukat juga mengandung lemak nabati beta-sistosterol yang berfungsi untuk menekan jumlah kolesterol yang dapat diserap tubuh. Namun, Anda juga mesti membatasi konsumsinya maksimal dua buah per hari karena alpukat mengandung kalori dan lemak yang tinggi.

4. Jeruk
Jeruk dikenal sebagai sumber makanan yang kaya vitamin C alami. Kandungan vitamin inilah yang mampu mencegah penyerapan kolesterol dalam tubuh. Serat larut airnya juga membantu memerangi kolesterol, ditambah lagi adanya senyawa alami d-limone yang mampu melarutkan kolesterol dalam tubuh. Jeruk juga merupakan buah yang mudah ditemukan ketika lebaran karena kerap disajikan sebagai buah pencuci mulut.

5. Apel 
Apel termasuk dalam golongan buah-buahan yang efektif menurunkan kadar LDL dalam darah. Buah ini kaya akan pektin dan serat larut yang dikenal mampu 'membilas' kolesterol sehingga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Ketika mengonsumsinya dengan cara dibuat jus, hindari menambahkan kental manis, susu, atau gula.

Penulis: Iwan
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler