Berencana Libur Lebaran di Ancol? Perhatikan Hal Berikut Ini!

Berencana Libur Lebaran di Ancol? Perhatikan Hal Berikut Ini!

Berlibur sambil menikmati berbagai wahan seru di Ancol Taman Impian (istimewa)

JAKARTAINSIGHT.com | Dikenal sebagai destinasi wisata keluarga terlengkap di Jakarta, Ancol Taman Impian sudah pasti dipilih sejumlah besar masyarakat yang menghabiskan waktu berlibur lebaran di Jakarta. 

Tak bisa dipungkiri, kawasan wisata Ancol merupakan destinasi wisata primadona di ibu kota. Maka sudah bisa dipastikan libur lebaran ini, bakal banyak masyarakat dari dalam maupun luar Jakarta yang bakal memadati kawasan tersebut.

Bagi Kalian yang punya rencana menghabiskan waktu libur panjang lebaran kali ini sambil seru-seruan menikmati berbagi wahana di Ancol , berikut sejumlah tips yang perlu Kalian ketahui agar liburan bisa lebih seru dan asyik.

1. Pilih Akses Terbaik

Kawasan Ancol Taman Impian dapat diakses dengan beragam moda transportasi mulai dari kendaraan pribadi, transportasi umum Transjakarta sampai KRL commuterline. Apabila menggunakan kendaraan pribadi bisa melalui tol dalam kota dan keluar di Ancol, ataupun akses Jalan Benyamin Sueb Kemayoran maupun Jalan Gunung Sahari.

Pengunjung juga bisa menggunakan moda transportasi umum untuk mencapai Ancol dengan bus transjakarta koridor PGC – Ancol dan juga KRL Commuterline menuju stasiun Jakarta Kota atau Kampung Bandan. Shelter bus transjakarta langsung berada tepat di depan loket Dufan. Sedangkan untuk yang dari stasiun dapat melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum dengan jarak yang tidak terlampau jauh.

2. Kenali Sistem Parkir Terpusat

Seperti yang telah diterapkan pada tahun sebelumnya, guna mengatur lalu lintas di kawasan rekreasi Ancol Taman Impian, maka diberlakukan sistem parkir terpusat (sentral parkir) selama tiga hari berturut-turut mulai 6 – 8 Juni 2019. Pengunjung yang masuk kawasan rekreasi dengan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat atau lebih akan langsung diarahkan ke kantong parkir yang telah disediakan. Tidak perlu khawatir karena kantong parkir yang tersedia mampu menampung sekitar 12.000 kendaraan roda empat (mobil)  dan 17.000 kendaraan roda dua (motor).

Tidak perlu khawatir karena manajemen Ancol menyiapkan kendaraan bus wara wiri yang dilengkapi pemandu wisata berjumlah 80 unit dengan ukuran besar dan sedang serta 8 unit kendaraan khusus disabilitas, Ibu hamil dan manula. Pengunjung juga dapat menggunakan kereta sato sato dan sepeda motor Ancol e-bike sebagai alat transportasi di dalam kawasan Ancol yang dapat diakses secara gratis.

 

Khusus periode 5 – 9 Juni 2019, peminjaman Ancol e-bike diberikan gratis untuk jangka waktu 30 menit dan setelah tanggal tersebut dapat dipinjam dengan sistem bayar Rp. 10.000 untuk durasi setiap 30 menit. Jika berminat, pengunjung dapat mendatangi 3 titik lokasi peminjamannya yang berada di kawasan Ancol. Moda transportasi ini disediakan sekitar 60 unit.

 

Perlu diperhatikan, pengunjung wajib parkir kendaraan pada tempatnya, karena jika parkir di sembarang tempat akan dipindahkan oleh mobil derek kerjasama dengan Dinas Perhubungan ke lokasi parkir yang benar.

 

 3. Banyaknya Fasilitas Toilet dan Mushola

 

Dalam hal pemenuhan kebutuhan sarana ibadah dan sanitasi, Manajemen Ancol Taman Impian telah siapkan mushollah dan toilet permanen dan portable. Secara eksisting, ada 2 (dua) Masjid besar yaitu Masjid Baiturrahman Ancol yang terletak di kawasan Parkir Sentral B yang posisinya mendekati unit rekreasi Sea World dan Ocean Dream Samudra serta Masjid Al Firdaus yang terletak di dalam kawasan Dunia Fantasi. Sementara untuk musholla tersebar di 13 titik kawasan pantai dan Pasar Seni.

 Untuk menunjang kebutuhan sanitasi, terdapat 21 titik fasilitas toilet eksisting dan ditambah lagi 7 toilet portable dan mobile. Diharapkan dengan penambahan sarana ini kebutuhan sanitasi dapat terakomodir dengan baik dan menambah kenyamanan pengunjung.

 

 4. Perhatikan Pos Kesehatan dan Keamanan

 

Tidak hanya sarana dan prasarana yang ditingkatkan kualitas dan pelayanannya, petugas medis dan keamanan pun ditambah. Tim medis yang terdiri dari 2 orang dokter jaga, 19 orang tenaga tim medis dan 5 kendaraan ambulance yang disiagakan, siap membantu memberikan pertolongan pertama kepada seluruh pengunjung yang mengalami keluhan dan butuh penanganan medis.

 

 

Penulis: Addo
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler