Miris, Perusaahaan Media Ini Tak Bayarkan THR dan Gaji Wartawan 7 Bulan

Miris, Perusaahaan Media Ini Tak Bayarkan THR dan Gaji Wartawan 7 Bulan

Ilustrasi: Istimewa

 

JAKARTAINSIGHT.com | Hari Raya Idul Fitri sudah sepatutnya disambut suka cita oleh seluruh umat Islam di manapun berada setelah satu bulan penuh berpuasa membersihkan hati dan menguatkan keimanan kepada Allah SWT.

Selain itu, ada juga yang ditunggu dari datangnya hari raya, yakni tunjangan hari raya (THR) yang merupakan kewajiban bagi setiap perusahaan kepada karyawannya dalam merayakan momen lebaran.

Pemberian THR ini diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) No. 6 Tahun 2016 (Permenaker No. 6/2016), sehingga sifatnya wajib bagi seluruh pihak yang diatur dalam peraturan tersebut.

Meski telah diatur dan bersifat wajib, namun masih ada saja perusahaan yang bandel tidak memberikan THR kepada karyawannya dengan berbagai alasan.

Seperti yang terjadi pada PT Inspirator Media Indonesia, sebuah perusahaan media di Jakarta yang bukan hanya tidak membayarkan THR, tetapi lebih parah dari itu yakni belum membayarkan gaji selama tujuh bulan kepada wartawan dan karyawan lainnya.

PT Inspirator Media Indonesia adalah perusahaan media yang menaungi media cetak (Majalah Inspirator) dan media online (www.inspiratormedia.id).

Sejumlah wartawan dari kedua media itu telah melakukan berbagai upaya demi menemukan titik terang atas permasalahan tersebut, namun selalu kandas dengan janji-janji dari pihak perusahaan.

Zulfahmi Siregar, Pemimpin Redaksi media online Inspirator mengatakan bahwa tidak ada itikad baik dari Komisaris PT Inspirator Media Indonesia Teten Indra yang tidak juga membayarkan gaji selama tujuh bulan.

"Kami telah melakukan pertemuan dengan komisaris di kawasan Kalibata, Jaksel, dan pada saat itu direspon cukup baik dengan menjanjikan pelunasan gaji secara dicicil. Bahkan ditawarkan solusi pelunasan tunggakan gaji bergantian di antara karyawan," ujar Zulfahmi dalam keterangan tertulis, Minggu (2/6/2019).

Setelah pertemuan di Kalibata, kata Zulfahmi, kemudian disepakati pertemuan lanjutan di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, namun disayangkan upaya perusahaan menepati janjinya kembali kandas lantaran kami hanya diberikan hadiah uang Rp1 juta dan bingkisan berupa baju koko yang masih tertera harganya (bandrol).

Sementara, Redaktur Pelaksana dari media online Inspirator, Aziz Alfian, mengatakan hal tersebut adalah sebuah pelecehan.

"Bukan saya tidak terima kasih dengan hadiah tersebut, tapi hak yang dijanjikan itu lebih utama,” ujarnya.

Kepedihan terlebih dirasakan oleh Anton, salah seorang jurnalis media Inspirator yang hendak kembali ke kampung halaman untuk berlebaran, namun harus tertunduk lesu karena hak dirinya selama bekerja gagal ia dapatkan, sehingga dipastikan ia urung untuk berlebaran di kampung.

"Perusahaan (Komisaris) sudah melecehkan diri dan rekan-rekan sebagai profesi wartawan. Saya tidak menuntut macam-macam, saya hanya ingin hak atas pekerjaan yang selama ini saya kerjakan dibayar," ucapnya.

Adapun sejumlah wartawan dan karyawan PT Inspirator Media Indonesia telah melakukan proses pengaduan kepada Suku Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi, Jakarta Pusat.

 

 

Penulis: Ganest
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });