Pembakaran Mapolsek Tambelangan, 5 Orang Habib Diburu Polisi

Pembakaran Mapolsek Tambelangan, 5 Orang Habib Diburu Polisi

Aksi pembakaran kantor Mapolsek Tambelangan, Sampang-Madura

foto : istimewa

JAKARTAINSIGHT.com | Terkait aksi pembakaran Mapolsek Tambelangan, Sampang Madura pada Rabu (23/5) sekitar pukul 21.00 WIB lalu kepolisian Polda Jatim saat ini memburu 5 orang Habib yang diduga terlibat dalam aksi tersebut setelah lebih dulu mengamankan 5 tersangka lain.

"Tadi malam ada lima orang lagi oknum habib yang akan kami tangkap," ungkap Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan di Surabaya, Senin (27/5).

Lebih jauh Luki menambahkan, pihaknya meminta bantuan sejumlah ulama di untuk dapat membantu pihaknya membongkar dan menangkap kelima habib tersebut yang diduga mencurigai bersembunyi di pondok pesantren. 

Kelima orang habib yang ditetapkan sebagai tersangka tersebut diantaranya Habib Abdul Kodir Alhadad (AKA), Habib Hasan (H), Ali (A), Hadi (H) dan Supandi (S).

Sebelumnya, pihak kepolisian telah mengamankan enam orang yang diduga menjadi aktor penggerak dan pelaku lapangan pada kasus pembakaran Mapolsek Tambelangan, Sampang. Status keenam orang tersebut saat ini sudah menjadi tersangka dan telah ditahan di Mapolda Jawa Timur.

Peristiwa pembakaran Mapolsek Tambelangan tersebut bermawal dari beredarnya berita bohong (hoaks) yang memberitakan penangkapan ulama oleh pihak kepolisian. Hoaks yang menyebar di wilayah Pamekasan dan Sampang ini mengundang demonstrasi sejumlah warga yang kemudian melakukan aksi pembakaran tersebut.

Dugaan sementara para massa tersebut berasal dari tiga ormas berbeda. "Dari masyarakat setempat banyak yang ikut nonton, kami sedang dalami dari mana mereka-mereka. Yang jelas ini dari salah satu oknum FPI (Front Pembela Islam), oknum Laskar Sakera, dan LPI (Laskar Pembela Islam), lima orang ini," ungkap Luki.

Selain memburu kelima habib tersebut, pihak kepolisian Polda Jatim juga meminta kepada masyarakat yang terlibat aksi pembakaran tersebut segera menyerahkan diri.

 

Penulis: Bintang adiguna
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler