Klarifikasi Kabar UAS dan Habib Rotan ke Kertanegara

Klarifikasi Kabar UAS dan Habib Rotan ke Kertanegara

Tangkapan layar Ustadz Abdul Somad dan Habib Sholeh Alaydrus atau Habib Rotan

JAKARTAINSIGHT.com | Beredar informasi di media soasial tentang Ustadz Abdul Somad dan Habib Sholeh Alaydrus atau Habib Rotan datang ke kediaman Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

Kabar tersebut viral dengan disertai foto dua ulama besar Tanah Air (UAS dan Habib Rotan) yang tengah berjalan bersama dan didamping sejumlah orang.

Informasi itu sempat diunggah oleh akun Facebook Eka Purwa Ningsih pada 22 Mei 2019 dengan narasi yang mengaitkan foto tersebut dengan kedatangan UAS dan Habib Rotan  ke kediaman capres nomor urut 02 Prabowo Subianto.

Berikut narasi dalam konten yang diunggah akun Facebook Eka Purwa Ningsih:

"Habib rotan sudah sampai dijakarta bersama UAS langsung menuju Karta negara. Habib Soleh Alaydrus Beliau panglima Poso dan ambonBeliau dari kota palu waktu kejadian di Poso tahun silam beliau lah yang garda terdepan umat Islam di Poso..Itulah ulama yang dibisikan UAS ke pak Prabowo kita lihat nanti apa yang akan dilakukan insya allah.allah maha adil dan bijaksanaItu belum diketahui karena belum mereka tanya.insya Allah doa beliau di ijabah Allah SWT amiin amiin ya robbal alamiin.jangan berhenti bermunajat demi tegak nya kejujuran dan keadilan untuk negri yang kita cintai. Nama lengkap beliau habib Soleh Alaydrus...kenpa disebut habib rotan karena tongkat beliau mampu bisa membuat musuh lari tunggang langgang..mungkin hanya segitu saja info dari saya.. Wallahu alam ni sawabHanya dengan sebatang rotan kejadian di Poso umat Islam di selamatkan dengan habib Soleh rotan karena wasilah beliau," tulis akun facebook Eka Purwa Ningsih.

Konten yang diunggah Eka Purwa Ningsih telah 25.260 kali dibagikan dan mendapat 22 ribu komentar warganet.

Lalu bagaimana dengan fakta yang sebenarnya, apakah benar kabar yang beredar viral dan banyak dipercaya banyak orang itu?

Kabar tentang UAS dan Habib Rotan yang disebut-sebut merapat ke kediaman Prabowo ternyata tidak benar. Foto keduanya yang viral di medsos itu ternyata berasal dari akun Instagram @portalmuslim. Akun itu mengunggah foto UAS dan Habib Rotan pada 27 September 2018 silam.

Kemudian juga ada bantahan akan berita viral UAS dan Habib Rotan dari Humas majelis Dzikir Nuurul Khairaat Palu, Adhy Roba, yang menyatakan bahwa informasi yang beredar tersebut adalah hoaks dan tidak benar.

Ia menerangkan, benar Habib Sholeh berada di Jakarta tapi bukan untuk hadir di acara 22 Mei 2019.

"Habib memang ke Jakarta, tetapi bukan (terkait) agenda 22 Mei. Majelis pimpinan beliau tegas tidak pernah ikut-ikutan demo, tujuan utama beliau sebenarnya ke Bandung untuk bertemu dengan jamaah majelis dzikir Nuurul Khairaat cabang Bandung, sekaligus bertemu membahas masalah Huntara dan dan masjid yang belum di bangun oleh Madinah517 di Palu, Sigi, dan Donggala," kata Adhy Senin (20/5/2019), seperti dikutip Liputan6.com dari turnbackhoax.id.

Berikut klarifikasi lengkap Majelis Dzikir Nuurul Khairaat Palu yang juga disebarkan di media sosial:

"Asalamualaikum wr. Wb.Tabe Kami, dari Majelis Dzikir Nuurul Khairaat ingin mengklarifikasi bahwa betul memang habib Sholeh Al Aydrus ( Habib Rotan) memang ke Jakakart, Tetapi Beliau bukan Mengikuti Agenda 22 mei, Majelis pimpinan beliau secara tegas tidak pernah ikut-ikutan Demo,Tujuan utama beliau sebenarnya ialah ke Bandung untuk bertemu dan Berkunjung dengan Jamaah Majelis Dzikir Nuurul Khairaat Cabang Bandung ,sekaligus untuk bertemu membahas masalah Huntara dan dan masjid yg belum di bangun oleh Madinah517 di Palu,Sigi dan Donggala, Mengenai foto yg beredar ini tidak seperti caption yg beredar.Foto yg beredar ini, Pimpinan Majelis Dzikir Nuurul khairaat sedang di daerah Cakung,Jakarta ketika menghadiri acara buka puasa,bukan untuk memimpin Aksi Demo.Sekali lagi kami dari Majelis Dzikir Nuurul Khairaat tidak ingin Pimpinan kami Di Fitnah…Sekali lagi jaga Persaudaraan….Tetap cinta tanah air…Mari bersatu Jaga NKRI

NB : Disampaikan Untuk Semua Anggota dan Jama’ah Majelis Harap Mengklarifikasi Foto yg telah BeredarInfo lebih jelas :085241440220

#MDNK517

#Satukomando

#Madinah517"

 

Sumber: Cek Fakta Liputan6.com

Penulis: Tofan
Editor:Yazeed Alexander

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });