Hutang Triliunan Rupiah, Anthoni Salim Putra Konglomerat Lim Sioe Liong Terancam Dipidanakan

Hutang Triliunan Rupiah, Anthoni Salim Putra Konglomerat Lim Sioe Liong Terancam Dipidanakan

Anthoni Salim (istimewa)

JAKARTAINSIGHT.com | Didampingi kuasa hukumnya, Hendra Basoeki (HB) Kamis (9/5) kemarin kembali mendatangi Wisma Indocement di Jalan Jendral Sudirman, Jakarta Selatan guna menemui putra konglomerat Lim Sioe Liong yakni Anthoni Salim dan Benny Santoso (CEO Salim Group) menagih hutang senilai trilyunan rupiah yang sejak krisis moneter 1990-an yang hingga saat ini belum juga dibayarkan.

Alih-alih mendapat titik terang kasus hutang tersebut, HB dan kuasa hukumnya kembali harus pulang dengan tangan hampa, pasalnya baik Anthoni maupun Benny keduanya tidak bisa ditemui karena sedang tidak berada di tempat. 

Sebelumnya pada Oktober lalu, pihak HB juga telah melakukan somasi meminta kepada Anthoni Salim dan Benny S. Santoso untuk segera melunasi seluruh kewajibannya tersebut, seperti disampaikan pengacara HB Togi Silalahi dalam kesempatan tersebut. "Kami berusaha melakukan pendekatan secara kekeluargaan, namun sampai saat ini belum ada itikad baik," ungkap Togi.

Lebih jauh Togi menjelaskan, persoalan hutang ini berawal ketika Salim Group mengalami krisis keuangan saat krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada era 1990-an.Pada saat itu, Sujono (kakak Hendra Basoeki) berusaha membantu dengan menjaminkan sejumlah aset-aset pribadi dan keluarga besarnya demi mendapatkan pinjaman dari pihak perbankan maupun pinjaman pribadi.

Hendra Basoeki (kanan) bersama Togi Silalahi (kiri)

 

"Jadi Peminjaman tersebut terjadi sejak 1993 sampai 2011, dan ketika perekonomian Salim Group telah membaik, baik Anthoni maupun Benny tidak ada inisiatif untuk membayarkan kewajibannya tersebut kepada pihak klien kami.

Singkat cerita, karena tidak ada inisiatif pembayaran dari pihak Salim Group, pihak kliennya yang justru dirugikan karena dipailitkan pihak bank dan diwajibkan melunasi kewajiban-kewajiban tersebut," sambung Togi.

Terkait upaya yang telah dilakukan, Togi menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai upaya, salah satunya melakukan pengumuman di media massa serta somasi, namun upaya-upaya tersebut belum menemukan titik terang sejauh ini.

Togi menambahkan, kendati demikian, pihaknya hingga saat ini masih menunggu belum melakukan upaya hukum. “Padahal kami minta baik-baik, ayo duduk bareng untuk mencari penyelesaiannya. Mari kita buka-bukaan. Tapi ini enggak gentle untuk menyelesaikan masalahnya,”ujarnya.

"Dengan bukti-bukti yang kami miliki, tidak menutup kemungkinan kami tempuh jalur hukum kepada keduanya (Anthony Salim dan Benny Santoso)," tutup Togi.

 

Penulis: Addo
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler