Dukung Literasi Gizi Kebugaran dan Olahraga, Kimia Farma Kembali Ambil Bagian di SPORTIFITNESS III ISNA

Dukung Literasi Gizi Kebugaran dan Olahraga, Kimia Farma Kembali Ambil Bagian di SPORTIFITNESS III ISNA

Untuk ketiga kalinya, ISNA  (Indonesia Sport Nutritionist Association) kembali menggelar kegiatan pelatihan SPORTIFITNESS III, Hotel Bumi Wiyata, Depok, 28-30 April 2019

foto : Addo_JakartaInsight.com

JAKARTAINSIGHT.com | Setelah sebelumnya turut mengambil bagian dalam penyelenggaraan SPORTIFITNESS II di Surabaya pada 12-14 Maret 2019 lalu, Kimia Farma Diagnostika kembali turut mendukung pegelaran SPORTIFITNESS III yang digelar di Hotel Bumi Wiyata Depok, Jawa Barat mulai 28-30 April 2019.

"Kegiatan SPORTIFITNESS sendiri merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh ISNA (Indonesia Sport Nutritionist Association) yang merupakan organisasi dibawah naungan PERSAGI (Persatuan Ahli Gizi Indonesia) yang fokus terhadap gizi kebugaran atau sport nutrition yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan untuk keterampilan dan pemahaman teman-teman ahli gizi dalam memberikan edukasi dan konseling terkait masalah kebugaran," ungkap Dr. Minarto ,MPS selaku Ketua DPP Persagi, Minggu (28/4) di sela kegiatan pembukaan SPORTIFITNESS III.

SPORTIFITNESS merupakan workshop dan pelatihan yang menambah kompetensi kepada nutrisionis untuk memiliki kemampuan asuhan gizi kepada atlet sehingga lebih berprestasi dan asuhan gizi kepada wellness program (pelatih kebugaran) agar masyarakat ini lebih bugar.Kegiatan ini diikuti oleh nutrisionis dan praktisi bidang kesehatan yang memiliki passion di bidang gizi olahraga prestasi dan kebugaran.

"Menurut pengamatan kami di PERSAGI, ini sudah sangat mendesak dan penting sekali. Dari hasil survei RISKESDAS (Riset Kesehatan Dasar) 2018 ada sekitar 21% masyarakat kita sudah dalam kategori obesitas atau kelebihan berat badan dan ini merupakan masalah kesehatan yang sangat besar saat ini yang mana akan menjalar ke berbagai penyakit kategori berat, sebut saja diabetes meletus, stroke,dll," sambung Minarto.

Lebih lanjut Minarto juga menyampaikan, "Hal-hal tersebut dilatarbelakangi oleh dua penyebabnya, pola makan dan latihan atau latihan yang cukup. "Kita menangkap isu tersebut, untuk itu kita mengajak teman-teman ahli gizi untuk kita berikan bekal dilatih . Kalo untuk penyuluhan diet itu sudah ada, tapi bagaimana kita dalami dalam aspek kebugaran dan fisik." 

"Jadi kebugaran itu tidak hanya untuk sekedar olahraga tapi juga olahraga prestasi (atlet) untuk itu kita akan menjalin kerjasama dengan KONI terkait kebugaran prestasi tersebut," tutup Minarto.

Sementara terkait kepesertaan PT. Kimia Farma Diagnostika dalam pelatihan SPORTIFITNESS III ini, Adil Fadilah Bulqini, Apt.,MM selaku Direktur Utama PT. Kimia Farma Diagnostika dalam kesempatan yang sama menuturkan. "Jadi saya mau menginformasikan terlebih dahulu bahwa Kimia Farma sudah bertransformasi dari perusahaan farmasi ke healt care. Sekarang kita sudah punya klinik kesehatan dan juga laboratorium klinik yang mana keduanya merupakan dua produk tambahan retail health care yang mana saat ini kita sudah punya 600 cabang di seluruh Indonesia untuk klinik dan untuk lab klinik saat ini kita sudah punya 55 cabang dan ditargetkan 10 cabang baru hingga akhir tahun ini," ujarnya.

Sehingga saat ini kami punya layanan baru yakni medical check-up kolaborasi lab dan klinik kami. Layanan ini kami buka untuk umum dimana saat memberikan konsultasi medical checkup, kami merasa ada yang kurang dari segi gizi dan olahraganya. Kami melihat bahwa ISNA bisa mensuport kami dalam memberikan konsultasi purna medical check up kepada pelanggan kami yang mana hal tersebut menjadi pembeda kami dengan klinik lab lainnya.

Atas dasar tersebut kami bersemangat mendukung kegiatan ISNA dan ini yang kedua kalinya setelah di Surabaya pada Maret kemarin.Kami melihat yang difasilitasi ISNA ini kan para gizi konsultan dan olahraga sehingga sangat relevan dengan produk layanan kami. Hari ini juga kami melakukan penandatanganan kerjasama dengan ISNA untuk kedepan mensuport kegiatan ini," tutup Adil.

 Adil Fadilah Bulqini, Apt.,MM selaku Direktur Utama PT. Kimia Farma Diagnostika (kiri) bersama Dr. Winarto ,MPS selaku Ketua DPP Persagi (kanan)

 

Sementara itu Ketua ISNA yang juga sekaligu menjadi trainer dalam kegiatan SPORTIFITNESS III Dr. Rita Ramayulis DCN, M.Kes menambahkan, "Kegiatan SPORTIFITNESS III digelar karena banyaknya animo atau minat para ahli gizi yang memiliki passion di gizi kebugaran dan olahraga prestasi. Ini kegiatan ketiga yang kami gelar selama belum satu tahun ISNA didirikan pada 18 Agustus 2018," jabar Dr.Rita.

"Jadi nutrisionis itu ada sarjana muda gizi, sarjana gizi, dan registered dietitian yang mana terbagi menjadi beberapa spesialisasi, ada dietitian spesialisasi ginjal, sesialisasi atlet,dsb. Tapi di Indonesia pendidikan spesialisasi itu belum ada, sementara kebutuhan pasar sudah sangat tinggi untuk kebutuhan tersebut.

Ketua ISNA (Indonesia Sport Nutritionist Association) Dr. Rita Ramayulis DCN, M.Kes

 

Daripada menunggu spesialisasi yang belum jelas kapan, lebih baik kita awali dengan pelatihan ini sehingga dapat membantu untuk eksis di passion yang mereka inginkan tanpa harus ke luar negeri yang memang sebagian sudah ada pendidikan spesialisasi tersebut," lanjut Dr. Rita.

"Di Indonesia memang sudah ada profesi yang mengatur terkait gizi konsumsi dan excercise namun umumnya bukan dari ahli gizi sehingga tidak optimal, untuk itu melalui pelatihan ini kita akan berikan pemahaman dan edukasi tersebut."

"Hari ini kami juga akan melakukan penandatanganan kerjasama dengan pihak KONI dalam hal pengadaan buku panduan gizi kebugaran atlet, dimana nantinya semua kegiatan KONI yang berhubungan dengan gizi atlet mereka akan melibatkan ISNA," tutup Dr. Rita.

Penulis: Addo
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler