Tidak Ada Undangan KPU, Bolehkah Nyoblos Pakai E-KTP?

Tidak Ada Undangan KPU, Bolehkah Nyoblos Pakai E-KTP?

Istimewa

 

JAKARTAINSIGHT.com | Besok 17 April 2019 masyarakat Indonesia akan melakukan Pemilihan Umum (Pemilu) untuk memilih anggota legislator dan juga kepala negara dalam masa lima tahun ke depan.

Meski sudah dikakukan berbagai sosialisasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentang tata cara pemilu dan juga prosedur dalam melakukan pencoblosan, namun masih ada masyarakat yang kurang memahami.

Paling sering menjadi pertanyaan di masyarakat seperti bagaimana jika tidak masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), bagaimana memilih di beda TPS, lalu apakah boleh memilih hanya menggunakan E-KTP?

Berikut redaksi Jakartainsight.com akan membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar pelaksanaan pemilu:

Masyarakat yang telah terdata masuk dalam DPT maka akan mendapatkan undangan dari KPU atau disebut formulir C6 yang berisikan informasi nama, nomor TPS, dan alamat TPS pemilih yang bersangkutan.

Lalu bagaimana jika tidak masuk dalam DPT, apakah masih bisa menggunakan hak suara?

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menegaskan apabila nomor KTP belum terdaftar dalam DPT, masyarakat tetap bisa memilih dengan membawa KTP elektronik ke TPS.

"Bila belum terdaftar dalam DPT, maka yang bersangkutan tetap dapat memilih dengan membawa KTP elektronik, pukul 12.00 WIB sampai 13.00 WIB," ungkap Tjahjo, dikutip dari IDN Times, Selasa (16/4/2019).

Selain itu bagi warga pendatang atau perantau tetap bisa mencoblos tanpa harus pulang dulu ke kampung halaman dengan cara membawa formulir A5 atau formulir pindah TPS yang telah diurus sebelumnya.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, Wahyu Setiawan mengatakan agar dapat menggunakan hak suara di kota perantauan, masyarakat harus mengurus formulir A5 yang disediakan KPU.

"Diurus di daerah asal untuk dipakai di tempat tujuan. Masyarakat juga harus mengetahui TPS terdekat yang ada di sekitarnya sebelum mengurus formulir A5," kata Wahyu.

Bagi para perantau yang memilih di tempat perantauan, hanya perlu melengkapi data diri untuk mengurus formulir A5. Mulai dari data lengkap, NIK, TPS asal dan TPS tujuan, serta memastikan diri telah terdaftar sebagai pemilih.

Oke, setelah tahu bagaimana prosedur dan ketentuan pelaksanaan pemilu, besok jangan sampai golput ya!!!

 

Penulis: Ganest
Editor:Yazeed Alexander

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler