Sarapan Pagi Bikin Ngantuk, Mitos atau Fakta?

Sarapan Pagi Bikin Ngantuk, Mitos atau Fakta?

Ilustrasi: Pexels.com

JAKARTAINSIGHT.com | Sarapan pagi tentu berguna bagi manusia, karena tubuh akan cukup memiliki energi dengan asupan yang kita makan setelah delapan jam perut kita kosong.

Tapi ternyata lain hal bagi sebagian orang, justru mereka mengatakan bahwa sarapan malah membuat ngantuk sehingga bisa menghambat aktivitas dan akhirnya melewatkan sarapan.

Tapi bagaimanakah anggapan tersebut, apakah benar sarapan akan membuat kita mengantuk?

Menurut Ketua Umum Pergizi Pangan,  Prof. dr. Hardinsyah, MS, efek mengantuk dari sarapan lebih karena asupan karbohidrat yang dimakan.

"Sarapan itu bisa bikin jadi ngantuk atau enggak tergantung asupan karbohidratnya. Kalau sarapan ngantuk berarti kebanyakan makan sumber karbohidratnya. Dia bukan sarapan sehat. Karbohidratnya banyak dan tergesa-gesa," jelas Hardiansyah, seperti dikutip dari Viva, Rabu (27/3/2019).

Ditambahkan Dr. Ulul Albab, SpOG, dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), sarapan justru sangatlah penting, apalagi untuk usia sekolah.

"Sarapan memiliki peran yang sangat penting untuk mendapatkan asupan energi yang diperlukan. Energi inilah yang digunakan untuk beraktivitas sepanjang hari dan membantu anak lebih berkonsentrasi dalam belajar," ungkapnya.

Sarapan idealnya memenuhi 10-15 persen kebutuhan gizi harian. Anak yang terbiasa sarapan pagi akan memiliki kemampuan berkonsentrasi yang lebih balk dari pada anak yang tidak terbiasa sarapan pagi, sehingga prestasinya pun akan lebih baik.

 

Penulis: Khusaenah
Editor:Ganest

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });