Penyelamatan Dramatis Kapal pesiar dari Badai Hingga Tiba di Pelabuhan Norwegia

Penyelamatan Dramatis Kapal pesiar dari Badai Hingga Tiba di Pelabuhan Norwegia

Kapal pesiar Viking Sky berhasil diselamatkan dari badai (Istimewa)

JAKARTAINSIGHT.com | Sebuah kapal pesiar mewah Viking Sky yang berlayar dengan hampir 1.400 penumpang dan awak kapal tiba di sebuah pelabuhan di Norwegia pada hari Minggu (24/3/2019) setelah lolos dari bencana ketika mesinnya gagal di tengah badai.

Kapal pesiar itu mengirimkan sinyal mayday pada hari Sabtu karena melayang terangkat gelombang laut di tengah cuaca buruk di Laut Norwegia hingga 100 meter dari daratan.

Petugas penyelamat mengangkut 479 orang, mengangkat mereka satu per satu ke helikopter, sebelum cuaca mereda pada hari Minggu dan derek bisa dimulai. Banyak dari mereka adalah orang tua.

Total 1.373 orang telah memulai pelayaran dan sekitar 900 orang masih di atas kapal ketika kapal tiba di pelabuhan Molde di pantai barat Norwegia.

"Itu hampir merupakan bencana. Kapal melayang dalam jarak 100 meter dari kandas sebelum mereka dapat menghidupkan kembali salah satu mesin," kata kepala polisi Hans Vik, yang mengepalai Pusat Koordinasi Penyelamatan Bersama untuk Norwegia selatan, kepada TV2, diberitakan Reuters, Minggu (24/3/2019)

"Jika mereka kandas, kita akan menghadapi bencana besar," katanya lagi.

Dari laman situs situs web Viking Ocean Cruises diketahui, Viking Sky dibuat pada tahun 2017, memiliki panjang 227 meter (745 kaki) dan lebar 29 meter.

Founder dan Chairman Viking Cruises, miliarder Norwegia Torstein Hagen, bertemu dengan beberapa dari mereka yang telah diterbangkan.

"Mereka memiliki sedikit pengalaman yang mengejutkan," kata Hagen kepada TV2 dan media lainnya setelah bertemu dengan penumpang yang telah ditarik dari geladak di tengah badai.

"Sebagian besar penumpang kami adalah orang yang lebih tua, bayangkan bagaimana rasanya menggantung di sana di kawat itu. Itu pasti pengalaman yang mengerikan, tetapi mereka tampaknya telah menanganinya dengan sangat baik," kata Hagen menceritakan.

Sebanyak 915 penumpang sebagian besar dari Amerika Serikat dan Inggris, kata komisi penyelamatan. Ada juga orang-orang Kanada dan Australia di kapal, antara lain, kata perusahaan pelayaran itu.

Sekitar 20 penumpang yang terluka telah dibawa ke rumah sakit, kata Viking Cruises, sementara yang lain hanya mengalami luka ringan.

Satu dibawa ke Rumah Sakit St. Olav di Trondheim dan yang lainnya dibawa ke rumah sakit setempat.

"Banyak juga yang trauma dengan pengalaman itu dan membutuhkan perawatan ketika mereka tiba di pantai," kata Palang Merah Norwegia.

Kondisi cuaca badai telah membaik pada Minggu sore, dengan angin turun menjadi 12 meter per detik dari 24 meter per detik, kata Institut Meteorologi Norwegia.

Gambar dan video yang diposting oleh penumpang di media sosial menunjukkan furnitur meluncur dan panel jatuh dari langit-langit saat kapal melayang dalam gelombang hingga delapan meter (26 kaki), dan penumpang sebelumnya menggambarkan cobaan itu.

"Kami sedang makan siang ketika mulai bergetar. Kaca jendela pecah dan air masuk. Itu hanya kekacauan. Perjalanan dengan helikopter, saya lebih suka lupa. Itu tidak menyenangkan," kata penumpang Amerika John Curry kepada penyiar publik NRK, Sabtu.

 

 

Penulis: Bintang adiguna
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler