Rekomendasi Haram PBNU Hanya Untuk MLM Bodong dengan Sistem Ponzi dan Money Game

Rekomendasi Haram PBNU Hanya Untuk MLM Bodong dengan Sistem Ponzi dan Money Game

Seminar “Mengkaji MLM Halal Bermanfaat untuk Umat” , Rumah Pergerakan Gus Dur Kalibata, Jakarta Selatan (Jumat 22/3)

foto : JakartaInsight

JAKARTAINSIGHT.com | Maraknya kasus penipuan bisnis MLM atau dikenal dengan istilah MLM bodong menjadi persoalan pelik dan berimbas pada menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap industri MLM yang dijalankan secara baik dan benar serta memberikan manfaat di masyarakat.

Melalui Sidang Komisi Bahtsul Masail Waqiyyah  PBNU mengeluarkan rekomendasi haram terhadap praktek money game dengan sistem MLM. Dengan kata lain, tidak semua bisnis MLM diharamkan, melainkan MLM dengan money game.

Membahas hal tersebut, Jumat (22/3) kemarin di Rumah Pergerakan Gus Dur, Kalibata-Jakarta Selatan,  Asosiasi Perusahaan Penjualan Langsung Indonesia (AP2LI) bekerja sama dengan Rumah Pergerakan Gus Dur dan Persatuan Guru Nahdhatul Ulama (Pergunu) menggelar forum atau Seminar Nasional bertajuk “Mengkaji MLM Halal Bermanfaat untuk Umat”.

“Merujuk pada hasil Sidang Komisi Bahtsul Masail Waqiyyah  PBNU, MLM atau penjualan langsung yang diharankan yakni ada unsur money game, sistem piramida atau ponzi, seperti juga yang tercantum dalam Pasal 9 UU Perdagangan” ungkap Dr. (C) Amshori, SH.MH.MM, Wakil Ketua LPBHNU dalam kesempatan tersebut.

Foto : Ketua AP2LI Andrew Susanto dan Dr. (C) Amshori, SH.MH.MM, Wakil Ketua LPBHNU

 

“Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan informasi dan pengetahuan lebih bagi masyarakat dalam menjalankan bisnis MLM agar bermanfaat bagi umat. Dalam bermanfaat, ada yang disebut ‘Muammalah’ , riba itu diharamkan.”

“Terkait MLM yang bermanfaat, selain tidak menjalankan praktik money game, semua pihak harus bekerja, bukan sistem upline downline.” Sambung Amshori.

Lebih lanjut, Andrew Susanto (Ketua PP2LI) dalam kesempatan yang sama menyampaikan, saat ini banyak bisnis investasi atau bisnis yang mengatasnamakan MLM tapi sebenarnya bukan. Hal tersebut yang berpotensi merugikan masyarakat, untuk itu penting bagi masyarakat mengetahui seperti apa MLM yang bermanfaat dan tidak diharamkan.

“Karenanya masyarakat yang ada di dalam industri tersebut diharapkan dapat memberikan informasi apabila ada perusahaan yang menerapkan skema ponzi atau piramida agar kami asosiasi bekerja sama dengan Kemendag dan BKPM dapat menindak tegas,” ungkap Andrew

“Kami pihak asosiasi juga akan terus mengawasi serta menggelar kegiatan-kegiatan sosialisasi seperti ini, agar masyarakat paham betul bisnis MLM yang baik dan bermanfaat seperti yang dikatakan tadi.

“Harapan kami, kedepan tidak ada lagi masyarakat yang dirugikan dengan kehadiran MLM bodong,” tutup Andrew.

Sebelumnya, menurut Koordinator Sidang Komisi Bahtsul Masail Waqiiyah LBM PBNU, Asnawi Ridwan ada tiga alasan yang mendasari rekomendasi itu. Pertama tipu daya, lalu ketidakjelasan akad, dan motivasi transaksi.

"Tiga unsur keharaman, tipu daya, tidak ada kejelasan akad yang dijalankan atau ada syarat yang menyalahi prinsip akad jual-beli, ketiga motivasi transaksi tersebut adalah bonus, bukan barang yang dijual," terang dia di Ponpes Miftahul Huda Al Azhar, Banjar, Jawa Barat, Kamis (28/2/2019).

 

Penulis: Addo
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler