Bakal Dikaji MUI, Game PUBG Terancam Diharamkan

Bakal Dikaji MUI, Game PUBG Terancam Diharamkan

Gambar: Istimewa

JAKARTAINSIGHT.com | Setelah mendapat penolakan di India dan Malaysia, game ponsel PUBG “PlayerUnknown’s Battlegrounds” yang belakangan populer dikalangan pecinta game di seluruh dunia, permainan ini juga terancam diharamkan di Indonesia dan saat ini sedang dalam wacana dikaji lebih dalam oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam Sholeh membenarkan hal tersebut, "MUI akan lakukan kajian. Di samping konten, juga dampak yang ditimbulkan," ungkap Asrorun seperti dilansir laman detik.com.

Sebelumnya, dinilai mengandung aksi kekerasan serta berpengaruh bagi anak muda, sejumlah wilayah di India telah melarang anak dan remaja bermain PUBG. Bahkan kepolisian di wilayah tersebut mengancam hukuman penjara bagi yang kedapatan bermain game tersebut.

Sebelumnya, dilansir Feedme, sebelumnya ada seorang siswa yang membunuh gurunya sendiri karena terinspirasi dari game PUBG. Murid berusia 16 tahun menikam sampai tewas gurunya ketika ia sedang mengikuti les privat di rumah guru tersebut.

Kepada polisi, Seif mengaku ia hanya ingin meniru karakter game yang ada di PUBG. Dan Oktober 2018 kemarin, ada seorang pemuda yang menembak temannya sendiri sampai tewas karena terinspirasi dari PUBG.

Kasus-kasus diatas juga menjadi  dasar wacana pemblokiran game PUBG di Timur Tengah. Bahkan, ada fatwa yang mengharamkan bermain game PUBG.

Di lain kesempatan, Ketua MUI Jabar Rahmat Syafei juga menyampaikan, "Kami belum melakukan fatwa. Tapi secara umum, kalau (PUBG) berdampak merusak, jadi tidak boleh. Akan kami pertimbangkan buat fatwa supaya perlu ada menutup jalan sebuah kejahatan," sebut Syafei.

 

Penulis: Addo
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler