Bisa Mati Muda! Berikut Manfaat Serta Efek Negatif Mengkonsumsi Telur

Bisa Mati Muda!  Berikut Manfaat Serta Efek Negatif Mengkonsumsi Telur

Kendati memiliki banyak manfaat kesehatan, mengkonsumsi telur secara rutin bisa memicu sakit jantung bahkan resiko kematian

foto : istimewa

JAKARTAINSIGHT.com | Tak hanya sebagai sumber protein, telur  juga mempunyai banyak kandungan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Satu butir telur mengandung vitamin A, asam folat, vitamin B5, vitamin B12, vitamin B2, fosfor, selenium, vitamin D, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, kalsium, dan seng.

Berbagai kandungan gizi dari sebutir telur tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Telur juga mempunyai kandungan antioksidan kuat yang dapat mempertahankan kesehatan retina mata, sehingga kesehatan mata tetap terjaga walaupun sudah berumur.

Selain itu, kandungan kolin pada telur juga membantu menjaga kesehatan otak karena dibutuhkan untuk membangun membran sel dan membantu produksi molekul sinyal dalam otak. 

Telur yang diperkaya dengan kandungan asam lemak omega 3 dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Kadar trigliserida yang tinggi dalam darah dikenal dapat meningkatkan faktor risiko dari penyakit jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi 5 butir telur yang diperkaya dengan omega 3 per minggu selama 3 minggu dapat mengurangi kadar trigliserida dalam darah sebesar 16-18%.

Masih banyak lagi manfaat yang dapat diperoleh dengan mengkonsumsi telur. Namun, tak hanya manfaat saja, mengkonsumsi telur juga memiliki resiko gangguan kesehatan bahkan kematian dini atau populer dengan istilah 'Mati muda'.

Dilansir dari laman CNN, Victor Zhong, penulis studi utama dan rekan postdoctoral di Departement of Preventive Medicine di Northwestern University Feinberg School of Medicine in Chicago menuliskan,

 "Telur, khususnya kuning telur, adalah sumber kolesterol utama dalam makanan." 

Kuning dalam telur bisa memasok kolesterol dalam jumlah besar. Jika makan telur lebih dari satu dalam sehari, itu sama dengan memasok banyak kolesterol ke dalam tubuh. Bagi yang memiliki kadar kolesterol tinggi, hal ini bisa berbahaya karena dapat memicu stroke ringan.

Penelitian menyebutkan bahwa konsumsi 300 mg kolesterol tambahan per hari dikaitkan dengan risiko penyakit jantung 3,2 persen lebih tinggi, risiko kematian dini 4,4 persen lebih tinggi. 
Zhong juga menganalisis bahwa setiap tambahan setengah telur yang dimakan per hari maka akan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular 1,1 persen lebih tinggi, dan risiko kematian dini 1,9 kali lebih tinggi. 

 

Penulis: Addo
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler