Pusdal SOKSI Mengawasi dan Mengapresiasi Kinerja Pemerintahan Presiden Jokowi Untuk Nelayan Indonesia

Pusdal SOKSI Mengawasi dan Mengapresiasi Kinerja Pemerintahan Presiden Jokowi Untuk Nelayan Indonesia

Menko Bidang Kemaritiman Indonesia, Luhut B. Panjaitan bersama Wakil Ketua Umum Depinas SOKSI, Bambang Soesatyo.

JAKARTAINSIGHT.com | Pusdal SOKSI selama ini mengawasi sistem pemerintahan Presiden Joko Widodo bersama para menteri Kabinet Kerja-nya. Bukan itu saja, Pusdal SOKSI juga mengapresiasi atas kinerja dari program-program pemerintah yang sudah berjalan dan tepat sasaran.

Adapun salah satu program yang diapresiasi oleh Pusdal SOKSI adalah peningkatan kesejahteraan dan perekonomian para nelayan. Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke merupakan negara maritim terbesar di dunia.

Sesuai dengan apa yang pernah dikatakan Presiden Joko Widodo untuk menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia, maka beliau sangat memperhatikan taraf hidup dan kesejahteraan para nelayan di tanah air.

Beberapa program yang sudah dilaksanakan selama ini diantaranya adalah melakukan konversi harga BBM ke BBG, membuat Bank Apung BRI, bahkan sampai pemberian beasiswa pendidikan bagi anak-anak nelayan.

Hal ini dipertegas oleh Bambang Soesatyo selaku Wakil Ketua Umum Depinas SOKSI yang mengatakan, pada hakikatnya Presiden (Jokowi) menginginkan agar sebagai negara agraria dan kepulauan, kehidupan para petani dan nelayan harus sejahtera.

"Apabila ada hasil tangkapan ikan nelayan yang tidak boleh dijual dengan alasan ikan atau hasil laut tersebut dilindungi, maka pemerintah harus turun tangan membelinya, yang kemudian dilakukan pembudidayaan. Nantinya hasil budidaya tersebut bisa dijual lagi ke nelayan dengan harga terjangkau. Sehingga terjalin kerjasama yang saling menguntungkan antara nelayan dan pemerintah," demikian ditegaskan Bambang Soesatyo saat menghadiri deklarasi dukungan Komunitas Nelayan Jokowi di Serang, Banten, Senin (11/03/2019) kemarin.

 Dalam kesempatan itu Pusdal Soksi hadir selaku Undangan dalam acara tersebut, yang dihadiri juga oleh Menko Bidang Kemaritiman Indonesia, Luhut B. Pandjaitan yang mewakili pasangan Capres-Cawapres 01.

"Semua program yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo selama ini adalah program kesejahteran untuk rakyat Indonesia, termasuk para nelayan tentunya," ungkap Luhut Pandjaitan dalam sambutannya.

Sementara dalam keterangan pers yang disampaikan, Sekretaris Jendral Pusdal SOKSI, Riyad mengatakan,"Pusdal SOKSI selama ini, dari tahun 2014 sampai sekarang mengamati perkembangan nelayan di Indonesia, termasuk program apa saja yang sudah dilaksanakan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo terhadap pembangunan bangsa dan rakyat."

"Berdasarkan data yang ada, Indonesia memiliki luas wilayah sekitar 7,81 juta kilometer, dimana 3,25 juta km merupakan wilayah perairan atau laut. Sementara 2,55 km lainnya merupakan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE). Selama pemerintahan Presiden Jokowi, banyak program yang sudah dilakukan oleh beliau, khususnya bagi para nelayan. Diantaranya adalah konversi bahan bakar dari BBM ke BBG, Bank Apung, serta menyiapkan sarana pengisian bahan bakar di laut bagi para nelayan. Hal ini.tentunya sangat membantu sekali bagi para nelayan untuk dapat meningkatkan hasil tangkapannya, yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan para nelayan itu sendiri," jelas Riyad.

Penulis: Iwan
Editor:Ganest

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });