Polisi Istanbul Larang Pengunjuk Rasa Berdemo di Istiklal

Polisi Istanbul Larang Pengunjuk Rasa Berdemo di Istiklal

Ribuan orang berkumpul di Istanbul untuk menentang larangan protes [Ozan Kose / AFP]

JAKARTAINSIGHT.com | Polisi Turki menembakkan gas air mata ke ribuan orang yang berkumpul di pusat kota Istanbul untuk melakukan pawai guna merayakan Hari Perempuan Internasional yang menentang larangan protes.

Terlihat jumlah perempuan mendominasi massa, yang pada Jumat malam berkumpul di tepi Taksim Square kota sebelum ratusan polisi anti huru hara menghalangi aksi mereka, mencegah pengunjuk rasa dari memajukan sepanjang Istiklal Avenue, jalan perbelanjaan utama pejalan kaki di daerah itu.

Beberapa ribu demonstran diizinkan memasuki sebagian kecil jalan untuk menggelar protes.

Mereka membawa spanduk bertuliskan "Pemberontakan feminis melawan kekerasan dan kemiskinan laki-laki" dan "Aku dilahirkan bebas dan aku akan hidup bebas". Banyak dari mereka mengenakan warna ungu, warna yang terkait dengan gerakan hak-hak perempuan.

Pengunjuk rasa juga meneriakkan slogan-slogan seperti "Kami tidak diam, kami tidak takut, kami tidak menaati" sebelum terjebak di antara dua penjagaan keamanan.

Video yang dibagikan di media sosial menunjukkan pasukan keamanan mendorong pengunjuk rasa dan menembakkan gas air mata untuk membubarkan kerumunan.

Menurut kantor berita AFP, polisi juga menggunakan anjing untuk memaksa para pengunjuk rasa turun ke jalan. Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui apakah ada korban ataupun massa yang diamankan.

"Inilah kebenaran yang pahit: Ada sistem, ada negara yang takut pada kita," kata seorang wanita bernama Ulker kepada AFP dari belakang penjagaan polisi.

Tahun lalu, pawai Hari Wanita di Istanbul berlangsung damai. Tetapi untuk tahun ini tepat sebelum acara hari Jumat, pihak berwenang mengeluarkan pernyataan yang melarang demonstrasi di Istiklal Avenue.

 

Sumber: Aljazeera

 

 

Penulis: Bintang adiguna
Editor:Ganest

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler