Langkah OJK Mendukung Pertumbuhan Industri Fintech

Langkah OJK Mendukung Pertumbuhan Industri Fintech

OJK Hingga saat ini belum memberlakukan iuran terhadap industri fintech 

Ilustrasi : istimewa

JAKARTAINSIGHT.com | Pesatnya pertumbuhan industri fintech menjadi dua sisi mata koin, disatu sisi memberikan kemudahan layanan finansial sementara disisi lain menjamurnya fintech-fintech tak berizin yang keberadaannya cukup meresahkan masyarakat.

Pemerintah melalui pihak OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan sejumlah instansi terkait hingga saat ini telah memblokir ratusan aplikasi dan platform fintech yang ilegal atau tidak mengantongi izin serta SOP yang diberlakukan pemerintah.

Di lain sisi, pihak OJK juga menyambut baik pertumbuhan ekosistem fintech yang sehat, salah satunya dengan belum memberlakukan iuran bagi fintech P2P lending hingga saat ini. meskipun fintech masuk dalam pengawasan OJK laiknya industri jasa keuangan lainnya.

Merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2014 tentang Pungutan oleh OJK,setiap lembaga keuangan diwajibkan untuk membayar iuran wajib kepada lembaga otoritas tersebut (OJK). Dalam aturan itu dijelaskan mengenai pungutan untuk perizinan, pendaftaran jika hendak melakukan penawaran umum di pasar modal, biaya tahunan untuk pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penelitian.

Terkait hal tersebut, Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Nonbank OJK Riswinandi menjelaskan bahwa fintech merupakan industri yang masih dalam tahap perkembangan atau belum matang. Oleh karenanya, industri ini masih diberikan kesempatan untuk berkembang sebelum diberikan aturan main yang lebih mengikat. 

"Belum diatur, masih baru kan (industrinya). Nanti masih akan kami lihat, kami masih berikan waktu untuk berkembang," ujar Riswinandi di Jakarta, Jumat (8/3). 

Terkait oeraturan tersebut, lebih lanjut Riswandi menambahkan perhitungan pungutan untuk perusahaan fintech P2P lending nantinya bakal berbeda-beda.

 

 

sumber : CNN Indonesia

 

Penulis: Addo
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler