Cara Pemerintah Upayakan Perempuan Indonesia Melek Digital

Cara Pemerintah Upayakan Perempuan Indonesia Melek Digital

Kominfo gandeng XL Axiata kembangkan program 'Pojok Pintar' tingkatkan literasi digital perempuan Indonesia (istimewa)

JAKARTAINSIGHT.com | Pemerintah terus berupaya meningkatkan kualitas perempuan Indonesia, salah satunya dalam hal peningkatan literasi digital kaum perempuan tanah air, salah satunya yakni melalui program 'Pojok Pintar' yang diinisiasi Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama XL Axiata.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Rosarita Niken Widiastuti mengatakan, kerjasama antara Humas Kominfo dan Pojok Pintar Sisternet ini merupakan sebuah langkah yang sangat baik dalam rangka meningkatkan kapasitas kaum perempuan. Menurut Niken, kerjasama ini harus dioptimalkan.

“Siang hari ini rasanya sangat spesial di Kominfo karena XL membukan Pojok Pintar khusus diperuntukan untuk perempuan tentunya, seperti kita ketahui bahwa, pengguna internet untuk perempuan memang lebih sedikit dibandingkan dengan laki-laki,” kata Niken saat membuka peresmian Pojok Pintar di Press Room Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (04/03/2019). 

Niken mengatakan, berdasarkan data yang ada bahwa 48 persen pengguna internet atau yang menggunakan teknologi digital di Indonesia. Salah satu yang diharapkan adalah peran ibu-ibu dan anak-anak perempuan agar bisa mengoptimalkan era digital yang tengah berkembang di Indonesia saat ini.

Niken juga menambahkan, peluang dari Pojok Pintar dan Sister Net ini bisa memberikan asupan informasi sesuai yang dibutuhkan oleh kaum perempuan. Karena ternyata, ada tiga bidang yang sangat diminati dan selalu dicari oleh para kaum perempuan.

“Saya rasa dari semua tingkatan kebutuhan kaum perempuan, rata-rata informasi  mengenai tiga bidang yaitu soal Fashion, Beauty dan Kesehatan yang sering dicari selain informasi tentang keluarga dan kebutuhan lainnya. Jadi, saya berharap dengan adanya Sister Net dan Pojok Pintar ini dapat memberikan edukasi kepada kaum perempuan,” ucap Niken.

Menurut Niken, kunci dari era digital saat ini adalah berkembangnya industri 4.0 yang merupakan pagar kreatifitas, agar bagaimana kaum perempuan dapat berkreasi serta menciptakan peluang dengan adanya kemudahan mengakses teknologi komunikasi. 

“Jadi di SisterNet atau di Pojok Pintar ini kami harapkan selain apa yang dinginkan oleh kaum perempuan dan dibutuhkan juga harus kita sajikan, salah satunya adalah edukasi dengan menggunakan internet untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi bagi kaum perempuan,” kata Niken.

Niken melanjutkan, gadget tidak sekedar digunakan untuk internet atau hanya untuk chating semata, karena banyak sekali potensi yang bisa dikembangkan, misalnya bisa untuk membantu kapasitas produksi dan memberdayakan kaum perempuan.

 

Sementara itu, Chief Technology Officer XL Axiata Yessie Yosetya mengatakan, Pojok Pintar ini bertujuan memberikan dukungan bagi kaum perempuan dalam memanfaatkan era digital saat ini untuk mengakses informasi maupun edukasi yang jauh lebih produktif. Sebab, jaringan XL Axiata yang sudah jauh lebih merata dan akses di pelosok-pelosok pun juga bisa mendapatkan internet. Selain Yessie, Peresmian Pojok Pintar ini juga menghadirkan artis sekaligus Inspiring Woman dan Founder Seasoldier Nadine Chandrawinata.

Penulis: Khusaenah
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });