Belum Kantongi izin, Bagaimana Nasib Migo?

Belum Kantongi izin, Bagaimana Nasib Migo?

Istimewa

JAKARTAINSIGHT.com | Sepeda listrik yang imut dengan wartna kuning cerah belakangan ini ramai berkeliaran di jalan. Kendaraan yang diklaim ramah lingkungan karena menggunakan listrik sebagai tenaga untuk berjalan itu ternyata memiliki payung hukum untuk beredar di jalan raya.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah mengkaji aturan sepeda dengan alat penggerak listrik dengan kementerian dan lembaga terkait. Hal itu mengemuka lantaran maraknya sepeda listrik Migo yang berkeliaran di jalan raya.

Lantas, apakah Kemenhub akan melarang Migo berada di jalan raya sampai aturannya keluar?

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiadi mengatakan, pihaknya telah menyampaikan masukkan tersebut kepada pihak operator. Dari hasil pertemuan, ia menyebut jika penyedia aplikasi siap bekerjasama dalam menjaga keselamatan bersama.

"Kemarin saya sampaikan, dan dari pihak penyedia aplikasinya sudah sangat kooperatif dengan kita untuk segera satu saja sebagai sample, untuk segera diuji tipe, apakah kendaraan ini memnuhi standar keselamtan. Dan besok juga kita ada rapat di Kemenko Kemaritiman menyangkut masalah perpres sepeda motor dengan menggunakan listrik," ujarnya saat ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (25/2).

Ihwal koordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Dirjen Budi mengatakan jika pihak operator telah melakukannya. Hanya saja, saat ini yang menjadi fokus persoalan adalah transportasi dari Migo tersebut.

"Kalau dia sudah dibuka aplikasinya berarti Kominfo sudah membuka aplikasi itu untuk penyediaan itu, cuman masalah ini kejadian mungkin sama dengan ojek online, membuka kemudian bergerak pada bidang transportasinya, kitanya belum terlibat dari awal," jelasnya.

Budi melanjutkan, saat ini pihaknya fokus menunggu aturan terkait sepeda listrik dirilis oleh Kementerian Perindustrian. Selama proses penggodokan regulasi, pihaknya bakal melakukan uji coba terhadap kendaraan tersebut.

"Saya menunggu dulu (aturannya) dari pihak Kemenperin, tapi sambil menunggu itu saya minta satu kendaraan dilakukan uji tipe," tandasnya.

 

 

Penulis: Khusaenah
Editor:Ganest

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler