Sarapan Bernutrisi Ternyata Pengaruhi Performa Akademik 4 Kali Lebih Tinggi

Sarapan Bernutrisi Ternyata Pengaruhi Performa Akademik 4 Kali Lebih Tinggi

Talkshow kesehatan bersama Energen

 

JAKARTAINSIGHT.com | Fakta menyebutkan bahwa sarapan bernutrisi di pagi hari ternyata dapat mempengaruhi kualitas seorang anak dalam menangkap pelajaran dan terhadap performa akademik.

Fakta tersebut juga didukung melalui hasil penelitian Dr. dr. I Gusti Lanang Sidiartha Sp. A (K), mengungkapkan bahwa anak-anak yang memiliki kebiasaan mengonsumsi sarapan bernutrisi memiliki nilai akademis 4 kali lebih tinggi dibandingkan yang tidak sarapan.

Mayora Nutrition melalui Energen, mengambil momentum Pekan Sarapan Nasional (PESAN) 2019, dengan menyuarakan fakta pengaruh sarapan bernutrisi bagi kemajuan prestasi anak Indonesia.

"Setelah konsisten menggagas gerakan positif melalui kampanye 'Sarapan Sehat Sebelum Jam 9' sejak tahun 2015 dengan melakukan edukasi tentang sarapan sehat bagi seluruh masyarakat Indonesia terutama anak-anak usia sekolah dasar," ungkap Tony Sumantri selaku Sales & Marketing Director Mayora Divisi Health Food & Coffee, saat jumpa pers di Jakarta, Kamis (21/2/2019).

Fakta tersebut, sambungnya, juga yang menginspirasi Energen berkomitmen lebih melalui kampanye inspiratif 'Konsentrasi Ciptakan Mimpi'.

Dalam kesempatan ini, I Gusti Lanang Sidiartha juga mengatakan, efek positif dari sarapan bernutrisi pada anak, berperan dalam kemampuan kognitif, tingkah laku dan prestasi di sekolah.

"Kinerja kognitif ini terutama dalam hal daya ingat dan kemampuan memperhatikan pelajaran di kelas. Ini tergambar pada rata-rata hasil akhir ujian dari seluruh mata pelajaran selama satu semester, dimana performa akademik  4x lebih tinggi dibandingkan anak tidak dengan kebiasaan sarapan bernutrisi," ujarnya.

Sementara, Ahli Neuroanatami dan Neurosains, Dr. dr. Taufiq Pasiak, M.Kes, M.Pd, membenarkan secara klinis, konsumsi sarapan dapat memengaruhi kinerja kognitif dengan mengurangi rasa lapar.

Dilihat dari sisi gizi, dr. Raissa E. Djuanda, M. Gizi, Sp. GK menambahkan bahwa untuk menjaga kadar metabolisme dan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak, diperlukan nutrisi yang benar dengan jadwal yang tepat.

"Karena itu mengonsumsi sarapan bernutrisi sangat penting untuk memberikan energi yang cukup di pagi hari agar kinerja otak bisa maksimal. Karenanya, pilihlah menu sarapan dengan bijak misalnya berupa asupan yang mengandung serat pangan, vitamin, dan mineral," ungkapnya.

Energen sebagai solusi sarapan sehat yang mampu mendukung prestasi anak Indonesia kembali mensosialisasikan pentingnya membiasakan keluarga Indonesia menyantap sarapan bernutrisi setiap hari dengan segelas Energen hangat yang kaya akan nutrisi.

"Dengan menyuarakan fakta pengaruh sarapan bernutrisi terhadap performa akademis anak, Energen mengajak orang tua untuk berkomitmen terus memperhatikan asupan sarapan bernutrisi bagi anak-anak," kata Jonathan Setiadi, Marketing Director Health Food.

Dengan orang tua yang cerdas dan peduli, lanjut Jonathan, tentunya akan mendukung anak untuk cepat tanggap dan siap konsentrasi. Sebab Energen percaya bahwa dengan bermula dari konsentrasi, dapat mewujudkan lebih besar lagi menciptakan mimpi.

 

 

Penulis: Ganest
Editor:Yazeed Alexander

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });