Kelurahan Bukit Duri Gelar Musrenbang 2019, Lurah: Infrastruktur Masih Prioritas

Kelurahan Bukit Duri Gelar Musrenbang 2019, Lurah: Infrastruktur Masih Prioritas

Istimewa

JAKARTAINSIGHT.com | Melibatkan warga dalam berbagai kegiatan untuk kepentingan khalayak sangatlah penting, selain untuk membangun kepedulian terhadap lingkungan, tetapi juga dapat memberi rasa tanggung jawab kepada masyarakat yang berada di wilayah tersebut.

Keterlibatan masyarakat bukan hanya sebatas soal perayaan dan peringatan saja, tetapi jauh daripada itu peran serta warga juga sangat penting mulai dari penyusunan dan perencanaan.

Untuk itu pada setiap tahun si setiap wilayah terutama lingkup kelurahan rutin diadakan Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan atau (Musrenbang) yang diikuti oleh perwakilan warga dalam hal ini adalah Ketua Rukun Warga (RW).

Kegiatan Musrenbang ini adalah penyampaian aspirasi dan usulan warga tentang apa saja yang dibutuhkan dalam membangun wilayahnya mulai dari fisik serta non fisik.

Seperti Kelurahan Bukit Duri yang menggelar rembug Musrenbang 2019 untuk direalisasikan pada tahun 2020, yang menampung usulan fisik dan non fisik dari para Ketua RW yang berada di wilayahnya.

Sarca, selaku Lurah Bukit Duri mengatakan, dalam rembug Musrenbang dibahas sejumlah usulan rencana kegiatan yang seluruhnya adalah aspirasi dari masyarakat.

"Musrenbang tahun ini kami membahas berbagai penyampaian usulan warga, dalam hal ini diwakili oleh Ketua RW, dimana terdapat 142 usulan fisik dan 104 non fisik," ujar Carca saat ditemui usai kegiatan, Senin (11/2/2019).

Ia juga mengatakan, infrastruktur masih menjadi prioritas dalam usulan Musrenbang warga Bukit Duri kali ini seperti perbaikan jalan dan juga saluran air.

"Perbaikan jalan menjadi utama dalam pembahasan dengan warga, karena disaat dan setelah musim hujan banyak jalan yang rusak, begitu juga dengan saluran air," katanya.

Lebih lanjut Sarca mengatakan, untuk non fisik yang menjadi usulan dalam rembug warga itu adalah berbagai pelatihan-pelatihan untuk warga. Tapi sayang usulan-usulan itu kerap menemui kendala karena tidak langsung direalisasikan.

"Usulan masyarakat tidak langsung direalisasi setiap usulan, sehingga masyarakat tidak bosan-bosannya mengusulkan kegiatan pembangunan saluran air, pengaspalan jalan lingkungan, dan yang lainnya," ungkapnya.

Adapun Sarca mengatakan dengan dilaksanakannya Musrenbang tingkat kelurahan ini, ia berharap pembangunan di wilayah Kelurahan Bukit duri dapat di rasakan oleh masyarakat.

 

 

Penulis: Ganest
Editor:Yazeed Alexander

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler