Mengantisipasi DBD Dengan Seledri, Berikut Sederet Manfaatnya

Mengantisipasi DBD Dengan Seledri, Berikut Sederet Manfaatnya

Seledri/Istimewa

 

JAKARTAINSIGHT.com | Tanaman yang satu ini nampaknya sudah tidak asing lagi di masyarakat, seledri dikenal sebagai komponen penting dalam masakan seperti sayur sop contohnya.

Tapi mungkin tidak banyak juga yang mengetahui kalau tanaman sayuran ini ternyata juga banyak memiliki manfaat besar bagi kesehatan.

Menurut Cynthia Sass, MPH, RD, seorang ahli gizi, seledri kaya akan berbagai nutrisi yang menunjang kesehatan tubuh, meliputi serat, asam folat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium, zat besi, magnesium, flavonoid, hingga antioksidan.

Jumlah vitamin C yang luar biasa dalam kandungannya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Maka tak heran dalam mewaspadai serangan demam berdarah dengue (DBD), beberapa waktu lalu sejumlah petani di Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri, Jawa Timur mendapat bantuan ribuan tanaman seledri.

Lebih jauh daripada itu, seledri masih mempunyai sederet manfaat lainnya bagi kesehatan yang dihimpun dari berbagai sumber seperti dibawah ini:

Menurunkan tekanan darah

Dari beberapa penelitian diketahui bahwa biji seledri memiliki sifat antihipertensi. Seledri mengandung senyawa fitokimia yang berguna untuk memperbaiki kerja dinding arteri untuk mengendalikan tekanan darah. Akhirnya, tekanan darah pun menurun dan jadi lebih terkontrol.

Mencegah kanker

Ekstrak daun seledri juga sering dimanfaatkan sebagai obat antikanker. Dalam suatu penelitian, ekstrak daun seledri menunjukkan potensi untuk menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker di sekitar perut.

Melancarkan pencernaan

Kandungan polisakarida berbasis pektin di dalam daun seledri bisa membantu melancarkan pencernaan, mencegah penyakit maag, memperbaiki lapisan lambung yang rusak dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Melawan peradangan dalam tubuh

Kandungan flavonoid dalam seledri juga mampu membantu sistem imun tubuh melawan peradangan akibat radikal bebas. Selain menangkal risiko penyakit kronis, flavonoid juga membantu tubuh lebih baik menyerap vitamin C sehingga bisa meningkatkan stamina tubuh.

Asupan flavonoid juga membantu mencegah dan/atau mengobati alergi, infeksi virus, arthritis, dan kondisi peradangan tertentu.

Meredakan nyeri haid

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi produk yang mengandung biji seledri dengan campuran beberapa bahan lain, bisa mengurangi intensitas dan lamanya rasa nyeri yang dirasakan saat haid.

Mengusir nyamuk

Menurut penelitian, gel pengusir nyamuk dengan kandungan ekstrak seledri mampu bertahan lebih dari 4 jam. Efektivitas seledri dengan campuran bahan antinyamuk lainnya, cukup tinggi dalam mengusir nyamuk.

 

Penulis: Khusaenah
Editor:Ganest

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler