Bagaimana Digitalisasi Menurut KADIN Indonesia?

Bagaimana Digitalisasi Menurut KADIN Indonesia?

Istimewa

JAKARTAINSIGHT.com | Perambahan digitalisasi di berbagai sektor berpengaruh besar terhadap pergeseran pola kehidupan, mulai dari sosial, budaya hingga perekonomian yang beradaptasi mengikuti perkembangan yang ada.

Khuhus dunia industri, perkembangan teknologi dan digitalisasi begitu kuat terasa yang juga banyak mempengaruhi roda perekonomian pada setiap negara di seluruh belahan dunia, tak terkecuali Indonesia.

Paling terlihat pergeseran dari sektor ekonomi adalah transformasi dari model bisnis yang semula berjalan secara manual, kini beralih ke digital. Hingga lebih dari 50 persen pelaku usaha berjuang menyesuaikan pola bisnis mereka agar bisa bertahan.

Lalu bagaimana digitalisasi menurut Kamar Dagang dan Indusri (Kadin) Indonesia yang berperan besar dalan mengatur alur bisnis Tanah Air?

Wakil Ketua Kadin Indonesia Vince Gowan berpendapat digitalisasi melalui e-commerce atau transaksi perdagangan dalam jaringan (daring) dapat membantu produk Indonesia mendunia.

“Durian kita saja bisa dijual online. Melalui online, e-commerce, kita bisa ekspor, semua bisa (diekspor),” tuturnya di Jakarta, Selasa (29/1/2019).

Ia juga menyebut era digitalisasi seperti sekarang ini telah membuka peluang usaha di semua bidang. Selain lebih mudah, digitalisasi membuat transaksi jual beli menjadi lebih murah.

Menurut Vince, salah satu unicorn Indonesia yaitu GoJek membuatnya kaget karena menawarkan jasa salon yang lebih murah hingga 80 persen dibanding jika harus pergi sendiri ke salon. “Trennya seperti ini”.

Sementara, tuntutan untuk mengubah bisnis model sebagai bentuk adaptasi terhadap perkembangan zaman juga didukung Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Mandey yang mengatakan ritel di masa mendatang akan sarat dengan sentuhan digitalisasi.

“Pelaku usaha harus bisa menyerap teknologi agar dapat mengikuti perkembangan zaman, minat konsumen dan dapat tumbuh serta berkontribusi bagi ekonomi Indonesia,” katanya.

 

 

Penulis: Ganest
Editor:Yazeed Alexander

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler