Jangan Malas Berkumur Air Putih Setelah Makan, Begini Akibatnya!

Jangan Malas Berkumur Air Putih Setelah Makan, Begini Akibatnya!

Istimewa

JAKARTAINSIGHT.com | Sehabis makan kita biasanya melakukan kumur-kumur dengan air putih, tak lain hal itu bertujuan untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal saat mengunyah makanan.

Bukan hanya membuat tidak nyaman, sisa makanan tersebut dapat berpotensi menimbulkan masalah kesehatan gigi dan mulut.

Haruslah diingat, bahwa kesehatan mulut dan gigi sebetulnya adalah yang paling utama, karena dari situlah semua bermula.

Bila alat pengunyah tidak befungsi dengan baik, yang terjadi adalah asupan makan yang masuk tidak berjalan dengan baik dan mengganggu metabolisme tubuh.

Kemudian, sebuah studi menemukan bahwa kesehatan gigi dan mulut yang buruk dapat menimbulkan berbagai komplikasi penyakit membahayakan.

Maka semestinya kita tidak menyepelekan tentang perawatan gigi dan mulut, agar terhindar dari masalah-masalah kesehatan akibat abai dari hal penting tersebut.

Berkumur atau membilas mulut dengan air putih adalah salah satu perawatan gigi yang sederhana, namun tidak banyak orang yang melakukan dengan bermacam alasannya ada yang enggan karena merasa jijik, dan ada pula yang memang merasa tidak penting.

Padahal, tidak hanya membersihkan sisa makanan yang tertinggal di mulut untuk mencegah gigi berlubang. Tetapi berkumur berfungsi juga mengembalikan mineral pada mulut saat proses makan.

”Secara otomatis, mulut mengalami demineralisasi dan remineralisasi. Dimenineraliasi adalah hilangnya mineral saat makan. Untuk mengembalikan, dapat dilakukan dengan remineraliasi, yakni berkumur dengan air putih,” ungkap dokter spesialis gigi, drg Rano Tri Juliarta, dikutip dari Radar Malang, Minggu (3/2/2019).

Selain itu, berkumur akan menetralkan saliva, atau air ludah. Jika hal itu tidak terjadi, maka bisa menimbulkan menjadi gangguan kesehatan mulut, termasuk gigi.

Akibatnya sisa makanan menempel yang dibiarkan, menjadi karang gigi, dapat juga berlubang bila makanan terlalu asam dan manis.

Lambat laun, gigi pun akan aus. Kemudian terjadi masalah sampai persoalan infeksi pada gusi. Apalagi giginya sudah berlubang sejak kecil, itu menambah masalah.

Jadi jangan malas-malas untuk merawat kesehatan gigi dan mulut ya, paling sederhana dilakukan adalah berkumur dengan air putih setelah makan!

 

Sumber: Berbagai sumber

 

 

Penulis: Khusaenah
Editor:Ganest

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler