Waspada Pembobolan, Kenali Serangan Hacker Pada Media Sosial Anda!

Waspada Pembobolan, Kenali Serangan Hacker Pada Media Sosial Anda!

Ilustrasi: Istimewa

JAKARTAINSIGHT.com | Media sosial (medsos) telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, tidak hanya perkotaan namun juga telah menyentuh ke daerah-daerah seiring dengan perkembangan infrastruktur jaringan internet yang semakin baik serta meluas.

Deretan manfaat dapat dirasakan oleh berbagai kalangan dari penggunaan medsos, sebut saja menyambung kekerabatan yang telah lama terputus, mendekatkan siapapun yang terhalang jarak untuk tetap bisa mengetahui bagaimana kondisi serta keadaan mereka.

Tapi ingat perlu diingat, diantara ribuan bahkan jutaan pengguna medsos beserta beragam unggahan di dalamnya tidak semuanya bermuatan positif. Ada saja yang ternyata memanfaatkan jejaring sosial itu untuk hal-hal yang bersifat negatif.

Misalnya adalah banyaknya hoax atau berita bohong yang beredar dengan tujuan menyerang pihak tertentu, lalu ada juga tindak kriminal akibat penyalahgunaan data pribadi yang dibobol di medsos.

Lalu bagaimana mengenali serangan siber atau hacker hingga mereka bisa membobol data kita di medsos itu?

I Made Wiryana, Pakar Telematika Universitas Gunadarma mengimbau pengguna medsos seperti Facebook dan Twitter untuk tidak tertipu dengan menyediakan celah kerentanan yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan cyber di dunia maya.

"Sosial media, urgennya di pengguna. Pengguna harus lebih aware, karena jebakan lebih banyak," ungkapnya.

Menurutnya, jebakan tersebut bisa bermacam-macam, mulai dari penawaran hadiah serta gambar penggoda yang menampilkan foto syur.

Misalnya saja, lanjut I Made, pengguna mengklik salah satu link penggoda yang menawarkan hadiah tertentu. Ketika ia telah klik link tersebut, pengguna bisa saja memasukan identitas pribadi serta password-nya. Inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh pelaku.

 

 

Penulis: Bintang adiguna
Editor:Ganest

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler