Berikut Fakta Beda Nasib Dua Motor Legendaris, Yamaha RX King dan Suzuki Hayabusa!

Berikut Fakta Beda Nasib Dua Motor Legendaris, Yamaha RX King dan Suzuki Hayabusa!

Yamaha RX King, salah satu motor legendaris Yamaha.(istimewa)

JAKARTAINSIGHT.com | Bagi pecinta sepeda motor merek Yamaha dan Suzuki, pasti sudah tak asing dengan sepada motor Yamaha RX King dan Suzuki Hayabusa. Ya, keduanya merupakan motor legendaris dari kedua pabrikan asal Jepang tersebut.

Namun untuk kedepan, kedua motor tersebut sudah tidak akan di produksi lagi. Bahkan Yamaha telah membiarkan motor legendarisnya mati untuk selamanya, seperti RX King. Sebaliknya, Suzuki justru memastikan akan mengajukan desain baru dan mesin baru dengan mengikuti sistem emisi yang baru, setelah Hayabusa tak diizinkan untuk diproduksi lagi.

Terkait peraturan Euro4, yang sudah membuat Hayabusa terbunuh maka Suzuki mengajukan paten baru Hayabusa. Pihak Suzuki mengklaim telah mengajukan beberapa paten yang diajukan mengarah pada kebangkitan Hayabusa. 

Seperti diketahui, Hayabusa 2018 disebutkan tidak mematuhi peraturan terbaru Euro4 tentang resolusi 168/2013 Uni Eropa yang diterapkan sepenuhnya pada tahun 2016.

Suzuki sebenarnya diberi kelonggaran selama dua tahun menatuhi aturan tersebut, namun saat mereka membuat perkiraan ekonomi diketahui bahwa terlalu banyak investasi untuk memenuhi standar baru ini.

Amerika masih memperbolehkan Hayabusa di jual berdasarkan pada saham yang masih mereka (Suzuki) miliki.

Suzuki hingga saat ini tetap menggunakan aturan ‘derogation’ yang memungkinkan Suzuki untuk terus menjual motor dengan teknologi yang sudah usang meskipun dan tidak memenuhi peraturan emisi saat ini.

Namun aturan tersebut pada tanggal 31 Desember tahun ini, waktu itu habis untuk semua sepeda yang dijual di Eropa yang tidak memenuhi aturan emisi Euro 4, bahkan jika pembuatnya telah memperoleh izin untuk menjualnya di bawah aturan yang diingkari.

Tak hanya Hayabusa, Suzuki GSX-R600 dan GSX-R750 juga harus dihentikan. Suzuki sendiri telah resmi memperkenalkan generasi baru dari Katana. Rumor yang berkembang Katana Concept akan menjadi pengganti Hayabusa saat ini.

Penulis: Iwan
Editor:Yazeed Alexander

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler