Melakukan Kebiasaan Mandi Malam Apakah Berbahaya?

Melakukan Kebiasaan Mandi Malam Apakah Berbahaya?

Ilustrasi: Istimewa

JAKARTAINSIGHT.com | Mandi adalah sebuah aktivitas yang sangat diperlukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit.

Pada umumnya mandi dilakukan setidaknya dua kali yaitu saat pagi dan sore hari. Untuk mandi yang kedua kali ada sebagian orang lebih suka melakukannya di malam hari.

Jika mandi dilakukan pada sore hari adalah suatu hal yang memang sudah dianggap wajar, namun untuk mandi malam kerap dikaitkan dengan hal negatif, seperti penyakit rematik.

Lalu bagaimanakah sebenarnya terkait aktivitas mandi malam yang dinilai sebagian orang sebagai hal membahayakan atau dapat berdampak buruk bagi kesehatan?

Studi mengenai bahaya mandi malam hingga kini masih terbatas dan hal tersebut belum terbukti sepenuhnya. Namun bukan berarti bisa bebas dilakukan siapa saja terutama pada bayi.

Para pakar meyakini bahwa bayi sangat rentan terhadap ketidakstabilan suhu pada tiga bulan pertama kehidupannya. Suhu dingin bisa menyebabkan hipotermia.

Sementara untuk orang dewasa, pada beberapa kondisi, mandi malam justru dianjurkan. Misalnya saat akan menjalani operasi, pasien dianjurkan untuk membersihkan diri dengan mandi pada malam hari sebelumnya.

Sedangkan keterkaitan mandi malam dengan munculnya gejala penyakit rematik, ternyata hal ini adalah mitos. Kenyataannya mandi malam dengan air hangat justru dapat membantu meringankan gejala rematik.

Selingi mandi air hangat dengan air biasa atau air dingin untuk membantu mengurangi nyeri otot setelah beraktivitas sehari-hari.

Untuk yang banyak berkeringat karena beraktivitas saat di siang hari, mandi malam dapat membantu menghilangkan bau yang kurang sedap. Selain itu juga mandi malam dapat membuat Anda lebih rileks dan lebih nyaman.

Bahkan mandi malam sebelum istirahat dipercaya dapat membantu untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Sebagian orang merasa nyaman mandi menggunakan air hangat, tetapi bagi yang merasa nyaman dengan air biasa atau dingin juga tidaklah menjadi masalah.

Jika menimbang manfaat dan bahaya mandi malam, beberapa pakar setuju bahwa manfaatnya lebih banyak dibandingkan bahaya mandi malam.

Namun jika Anda memiliki keluhan tertentu, sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum membiasakan mandi pada malam hari untuk mencegah dampak bahaya mandi malam.

 

Sumber: Berbagai sumber

 

 

Penulis: Ganest
Editor:Ganest

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler