Kritik Pasha, Anang: Tampak Populis Tapi Tidak Menyasar Substansi

Kritik Pasha, Anang: Tampak Populis Tapi Tidak Menyasar Substansi

Anang Hermansyah, Anggota DPR RI Komisi X/Istimewa

JAKARTAINSIGHT.com | Wakil Wali Kota Palu, Sulawesi Tengah, Sigit Purnomo Syamsuddin Said atau lebih dikenal Pasha Ungu mendapat kritik dari Anang Hermansyah yang notabene rekan sesama musisi dan juga tergabung di partai yang sama.

Anang dalam kapasitasnya sebagai anggota Komisi X DPR RI mengkritik Pasha lantaran mendorong ditetapkannya peristiwa tsunami Banten dengan korban beberapa personil band Seventeen di dalamnya untuk dijadikan sebagai hari duka cita musik nasional.

Ia mengatakan, Pasha dalam kapasitasnya sebagai seorang Wakil Walikota dapat membuat kebijakan yang lebih konkret lagi terhadap musik Tanah Air.

“Ide hari duka cita bagi musik Indonesia atas peristiwa yang menimpa Seventeen Band tampak populis, tapi tidak menyasar pada substansi. Mestinya Pasha bisa membuat kebijakan yang lebih konkret bagi industri musik di Palu,” kata Anang di sela-sela kunjungan di Belanda, Jumat (4/12/2018).

Ia menyebut kebijakan konkret dimaksud seperti membuat kebijakan dengan membuat Peraturan Daerah (Perda) terkait performing right terhadap pemakaian lagu di ranah bisnis seperti rumah karoke, cafe, hotel termasuk konser musik di Kota Palu.

“Misalnya ada Perda yang isinya setiap konser atau pemakaian lagu di ranah bisnis di Kota Palu wajib menyertakan surat pembayaran performing right. Itu jauh lebih bermanfaat dan bentuk penghormatan bagi pekerja seni dan musik,” ujar Anang.

Dikatakan pula peristiwa yang menimpa Seventen Band pada akhir Desember lalu semestinya dapat memantik pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk membuat sistem yang ajeg terkait pelaksanaan UU No 28/2014 tentang Hak Cipta.

“Musibah yang menimpa Seventeen mestinya menjadi pemantik pemerintah untuk membuat sistem terkait performing right. Begitu semestinya cara pemerintah menghormati musibah yang menimpa Seventen Band,” tambah Anang.

 

 

Penulis: Bintang adiguna
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler