Sejumlah Artis dan Seniman Gelar Konser Amal Bantu Korban Tsunami Selat Sunda

Sejumlah Artis dan Seniman Gelar Konser Amal Bantu Korban Tsunami Selat Sunda

Foto dokumen Mia Ismi

JAKARTAINSIGHT.com | Selama tahun 2018 ini Indonesia mengalami beberapa fenomena alam yang mengakibatkan bencana hingga menelan korban yang tidak sedikit. Mulai dari gempa bumi, tanah longsor, puting beliung, dan baru-baru ini adalah tsunami yang disebabkan aktivitas Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda.

Sebanyak 430 orang meninggal dunia, 1.495 luka-luka, dan 159 hilang. Kebanyakan mereka yang menjadi korban adalah masyarakat sekitar pantai perairan Banten dan juga wisatawan yang tengah berlibur.

Kehilangan dan duka tentu saja dirasakan saudara kita yang terluka, menjadi korban, kehilangan saudara, rekan dan orang-orang terdekatnya. Kehilangan itu bahkan dirasakan juga oleh kita semua. Sebagai saudara satu bangsa.

Karena itu Mia Ismi, Armiya Husein, Devi Silvia Fitriawan, Kiel Dharmawel juga dibantu oleh Widi Dwinanda, berinisiasi untuk melakukan konser amal, penggalangan dana dan sumbangan bagi korban yang terkena dampak dari kejadian tsunami Selat Sunda.

Walaupun persiapan acara ini bisa dibilang sangat singkat (4 hari), tetapi Armiya, Mia dkk ingin menyuguhkan konser yang dikemas dengan baik, menghibur dan memiliki makna bagi yang berpartisipasi maupun tamu yang hadir.

Konser amal bertajuk "Charity Concert for Selat Sunda" itu berlangsung pada tanggal 29 Desember 2018, di Loop Station Cafe, kawasan Bulungan, Jakarta Selatan.

Konser amal ini tidak hanya diisi dengan suguhan musik, tetapi juga diselingi dengan pembacaan puisi, cerpen, narasi mengenai pentingnya kesadaran tanggap bencana, garage sale, lelang, video dan kiat-kiat menghadapi bahaya tsunami dan gempa bumi, bahkan kesaksian dari salah seorang korban selamat tsunami Selat Sunda.

Para seniman dan artist yang menjadi pengisi acara ini pun sangat beragam, dan lintas generasi. Mia mengatakan sangat mengapresiasi para seniman yang ketika ditanyakan kesediaannya langsung mengatakan ya, tanpa panjang lebar.

"Padahal memang situasi saat ini sedang menjelang libur akhir tahun. Sungguh sebuah bentuk solidaritas yang luar biasa," tutur Mia dalam keterangan resmi, Senin (31/12/2018).

Acara ini dimeriahkan oleh seniman senior Putu Wijaya,  Prof. Sapardi Djoko Damono, Niniek L Karim, Tio Pakusadewo, Ayu Dyah Pasha, Jubing Kristianto, juga Andre Dinuth, Hiroaki Kato, Rega Dauna, Ade Firman Hakim, Wanda Omar, Mia Ismi, Widi Dwinanda, Armiya Husein, Kiel Dharmawel, Moorsz, Dana Omar, Tiwu Rayie, Vokal Grup UI 2018, Gearda Dewantara, Ignatius Yosef Adrianta dan Nasyarizky Ersandy.

Dipandu MC Nova Adriyanti, Gede Jody Balinda, Wishnu Sudarmadji, juga penampilan spesial dari tim Dongeng Tanggap Bencana.

Acara ini didukung oleh Loop Station Cafe, Telkomsel, CASIO, SPM Production, Dompet Dhuafa dan Andri Adriansyah & Wood dari A2vmg

Sumbangan total yang terkumpul saat event berlangsung adalah Rp. 7.630.000, dan langsung diserahkan kepada tim Dompet Dhuafa sebagai penyalur. 

Pada saat acara berlangsung sumbangan barang berupa pakaian dewasa dan anak-anak didonasikan oleh pengunjung kepada panitia. Dan pasca acara langsung didistribusikan melalui Dompet Dhuafa.

Panitia masih membuka rekening utk donasi korban bencana sampai pada tanggal 6 Januari 2019. Gelombang kedua sumbangan dana dan pakaian akan didistribusikan tanggal 7 Januari 2019.

Sumbangan berupa barang (selimut, pakaian, obat-obatan, tenda, bahan makanan, pakaian dalam, masker, buku, dsb) dapat langsung menghubungi :

Mia Ismi (081289449621)

Armiya (082111238832)

Devi (08999207078)

Penulis: Khusaenah
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler