GM PPLI Siapkan Generasi Muda Jawab Tantangan Industri 4.0

GM PPLI Siapkan Generasi Muda Jawab Tantangan Industri 4.0

Sekertaris Deputi I Kementrian Pemuda dan Olahraga Esa Sukmawijaya, SP, M.Si  apresiasi peresmian organisasi pebisnis muda GM PPLI (Kamis 20/12)

foto : Addo/JakartaInsight.com

JAKARTAINSIGHT.com | Revolusi Industri 4.0 menjadi anomali tersendiri bagi sebagian besar industri tanah air, kendati menjadi peluang bagi sebagian sektor industri, hal tersebut juga menyebabkan sejumlah industri mulai menggantikan SDM dengan mesin-mesin maupun robot dalam hal efisiensi serta produktifitas.

Fenomena tersebut tentunya mendorong bertumbuhnya angka tingkat pengangguran akibat minimnya lapangan pekerjaan, khususnya kaum generasi muda di Indonesia. Berangkat dari hal tersebut, seorang pengusaha asal Surabaya Hendra Thie bersama Dr. Ilyas Indra dan sejumlah tokoh pebisnis milenial menginisiasi terbentuknya organisasi GM PPLI (Generasi Muda Pebisnis Penjualan Langsung Indonesia)

Ditemui dalam kegiatan Launching GM PPLI di Wisma Kemenpora, Senayan-Jakarta Selatan pada Rabu (20/12) kemarin, Ketua Umum GM PPLI Hendra Thie menjelaskan, ide membentuk GM PPLI sendiri berawal kekhawatiran Hendra melihat minimnya penyerapan tenaga kerja dampak dari revolusi industri 4.0, dirinya merasa harus berbuat sesuatu.

"Minimnya penyerapan tenaga kerja merupakan efek samping demokrasi, dengan penetapan nilai UMR yang cukup tinggi, tentunya beban pengusaha akan semakin meningkat. Bahkan, di tahun 2023 mendatang doperkirakan 16 persen pekerjaan akan hilang dan digantikan robot, dan ini berbahaya bagi masa depan bangsa. Berangkat dari hal tersebut saya bersama pak Ilyas dan rekan lainnya berdiskusi mencari cara bagaimana supaya lapangan pekerjaan tercipta."

"Jadi GM PPLI ini adalah wadah generasi muda untuk melatih jiwa bisnisnya, bagaimana cara berjualan, hingga melatih kepemimpinan melalui sejumlah pelatihan reguler, kita juga akan membawa pelajaran tersebut ke kampus-kampus, itu tujuan jangka pendek kami. kami berharap apa yang kami lakukan ini dapat membantu menekan angka pengangguran serta membantu perekonomian negaraa,"sambung Hendra.

Dalam kesempatan yang sama, mewakili pihak Kementrian Pemuda Olahraga, Sekertaris Deputi I Kementrian Pemuda dan Olahraga Esa Sukmawijaya, SP, M.Si mengaku pihaknya sangat mengapresiasi inisiasi GM PPLI tersebut, bahkan mempersilahkan penggunaan gedung teater Wisma Kemenpora untuk digunakan secara reguler untuk mendukung kegiatan pelatihan tersebut yang dianggap sangat positif.

"Kita sangat mendukung apa yang dilakukan GM PPLI, kenapa mendukung,? selain membantu menjawab tantangan pemuda kedepan yang luar biasa, khususnya pengangguran yang mana dalam hal ini tidak mungkin Kemenpora bisa bekerja sendiri menjawab tantangan para generasi muda tersebut.

Selain itu, para pemuda kita dihadapkan juga dengan permasalahan narkoba yang saat ini darurat, kemudian kemiskinan, human trafficking, HIV AIDS, terorisme ,dsb yang disebabkan karena pengangguran. Itulah kenapa sekali lagi kami sangat mengapresiasi GM PPLI ini," sebut Esa.

"Harapan saya kedepan organisasi seperti GM PPLI ini harus lebih banyak lagi dan menjangkau seluruh daerah di Indonesia, kita dorong itu," tutup Esa.

 

Penulis: Addo
Editor:Ganest

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler