Kenali Gejala Penyakit Herpes Zoster dan Penyebabnya!

Kenali Gejala Penyakit Herpes Zoster dan Penyebabnya!

Herpes Zoster/istimewa

JAKARTAINSIGHT.com | Herpes merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus herpes. Virus herpes sendiri memiliki delapan jenis, tapi yang paling umum terjadi dan dikenal ada dua yaitu herpes sinplek dan zoster.

Herpes simpleks termasuk ke dalam jenis penyakit kelamin maka sering dikenal dengan nama herpes genital atau kelamin.

Penyakit herpes dapat dikenali dengan munculnya lepuhan pada kulit yang berwarna kemerahan dan berisi cairan

Sementara penyakit herpes zoster atau biasa dikenal dengan sebutan cacar ular atau cacar api biasanya ditandai dengan ruam kemerahan pada kulit yang menyebabkan rasa sakit dan terbakar.

Penyakit herpes zoster biasanya diawali dengan riwayat pernah mengalami cacar air dan kemudian muncul kembali saat daya tahan tubuh sedang lemah atau menurun.

Tanda lainnya juga ditandai muncul lepuhan pada kulit berupa garis atau area kecil di salah satu sisi wajah atau tubuh dan rasanya cukup panas seperti terbakar.

Penyakit ini tergolong memiliki jangka yang panjang, karena si virus dapat bertahan selama seumur hidup di dalam tubuh. Obat-obatan alami dan dari dokter akan membantu meringankan gejala bahkan mempersingkat waktu kemunculan. Salah satu obat herpes zoster adalah antivirus.

Virus penyebab penyakit herpes zoster ialah virus yang sama dengan penyebab cacar air yaitu varicella zoster. Oleh sebab itu makanya penyakit herpes zoster  akan muncul pada orang yang pernah mengalami cacar air.

Virus tersebut biasanya dapat bertahan selama bertahun-tahun. Untuk sebagian orang, virus akan tetap tidur, sementara pada sebagian lainnya akan bangun dan diaktifkan kembali.

Adapun kemunculan kembali virus ini disebabkan karena seseorang memiliki penyakit yang melemahkan sistem kekebalan tubuh, seiring dengan penuaan, menjalani kemoterapi atau radiasi dan obat yang melemahkan imun. Karenanya penyakit herpes zoster bisa muncul beberapa kali.

Gejala penyakit herpes zoster adalah rasa sakit yang bisa berupa rasa panas seperti terbakar atau rasa sakit seperti tertusuk benda tajam. Selain itu juga bisa muncul rasa gatal dan mati rasa pada bagian yang terkena.

Berikut gejala penyakit herpes zoster yang sering ditemui:

  • Ruam disertai lenting berkelompok yang hanya terjadi di satu sisi tubuh.
  • Ruam diawali dengan benjolan merah, berubah menjadi pembengkakan yang sedikit berair, dan akhirnya menjadi kerak kering (terlihat seperti segerombolan cacar air kecil-kecil).
  • Rasa sakit, gatal, dan kesemutan pada ruam. Hal ini juga berlaku di bagian tubuh saat ruam baru akan muncul.
  • Demam.
  • Sakit kepala.
  • Panas dingin.
  • Kelelahan.
  • Sensitif terhadap cahaya.

Tetapi jangan khawatir yang berlebihan atau berpikir macam-macam, karena penyakit herpes zoster umumnya bukanlah penyakit yang tergolong serius atau berakibat fatal dan akan sembuh dengan sendirinya setelah 14-28 hari.

Meskipun begitu, sebaiknya jika Anda mengalami dan mendapat gejala-gejala seperti disebutkan diatas alangkah baiknya untuk memeriksakan kondisi tersebut ke dokter, apalagi bagi yang pernah mengalami cacar air. Penangan yang sejak dini akan dapat menurunkan risiko komplikasi.

Penulis: Ganest
Editor:Ganest

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });