Fakta!! Nyalakan Lampu Ketika Tidur Memicu Obesitas Hingga Kanker

Fakta!! Nyalakan Lampu Ketika Tidur Memicu Obesitas Hingga Kanker

Tidur dalam keadaan lampu menyala dapat sebabkan obesitas

foto : istimewa

JAKARTAINSIGHT.com | Sebagain orang mematikan lampu ketika tidur merupakan kebiasan, "Saya gak bisa tidur jika dalam keadaan lampu menyala". Tak hanya bicara kebiasaan, kondisi lampu menyala saat tidur ternyata berdampak buruk bagi kesehatan.

Dari penilitian yang dilakukan American Journal of Epidemiology, yang dilakukan oleh para ahli dari Leiden University Medical Center ini melibatkan sebanyak 113 ribu wanita yang berusia minimal 16 tahun merilis bahwa kelompok wanita yang terbiasa tidur dalam gelap di malam hari tak menggunakan lampu sama sekali memiliki lingkar pinggang dan panggul yang lebih kecil ketimbang dengan kelompok wanita yang tidur dengan lampu.

Tentunya ada penjelasan logis terkait penelitian tersebut. Paparan cahaya ketika tidur di malam hari menyebabkan hormon melatonin malah diproduksi dalam jumlah minim. Hormon melatonin, yaitu hormon pemicu ngantuk yang akan menurun ketika siang hari dan naik ketika malam hari.Semakin banyak melatonin yang diproduksi, maka semakin cepat metabolisme yang terjadi sehingga makin banyak lemak pula yang terbakar ketika Anda tertidur.

Selain memicu obesitas, tidur dalam keadaan lampu menyala juga dapat menyebabkan berbagai gangguan berikut ;

1. Risiko kanker makin besar,

hormon melatonin ini bertugas untuk menekan sel kanker. Ia banyak diproduksi malam hari dan sedikit kala mata mendeteksi adanya cahaya. Kekurangan melatonin membuat tubuh tak bisa memerangi sel kanker. Dilansir dari Snuz, Pengaturan cahaya yang 'membingungkan' alias malam hari tapi terdapat cahaya terang bisa membuat penekan tumor menipis dan berpotensi membuat tumor memburuk.

2. Pengaruhi kesuburan wanita


Tak hanya berisiko terkena kanker payudara, wanita yang kerap terpapar cahaya pada malam hari juga berisiko terganggu kesuburannya. Dari studi yang diterbitkan oleh Epidemiology, para wanita yang berkerja pada shift malam memiliki masalah terkait siklus menstruasi.

3. Diabetes

Gangguan melatonin mengacaukan kadar hormon glukosa dan leptin yang mengatur napsu makan dan glukosa dalam darah.

4. Gangguan hormonal

Nyala lampu atau alat elektronik memancarkan sinar biru yang dapat mengganggu produksi hormon melatonin. Tubuh manusia didesain untuk lelah kala gelap dan terbangun saat muncul cahaya. Cahaya buatan hanya akan mengacaukan pengertian ini sehingga hormon pun terganggu.

 

Penulis: Addo
Editor:Ganest

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler