Fakta Terbaru Marquez: Dokter Bingung Juarai MotoGP Saat Cedera Parah!

Fakta Terbaru Marquez: Dokter Bingung Juarai MotoGP Saat Cedera Parah!

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez alami cidera saat terjatuh dari motornya. (istimewa)

JAKARTAINSIGHT.com | Setelah MotoGP 2018 usai bergulir, dengan Marc Marquez tampil sebagai Kampiun untuk ke-5 kalinya (ketujuh secara keseluruhan), terungkap sebuah fakta baru yang sangat mencengangkan. Ternyata dibalik kejayaannya menjuarai MotoGP 2018, Marquez menyimpan cerita selama perjalanannya meraih titel juara tersebut.

Adalah Dr. Xavier Mir yang merupakan salah satu dari tiga dokter yang menjalankan operasi bahu kiri Marc Marquez di Barcelona, Spanyol, membuat pengakuan terkait The Baby Alien. Dr Xavier sangat terkejut saat mengetahui rider Repsol Honda tersebut mampu meraih gelar juara dalam kondisi cedera yang cukup parah. Hal ini disampaikan Dr. Xavier kepada Marca  usai merilis Marquez dari rumah sakit pada Kamis (6/12) lalu.

Menurutnya, Marquez mengalami cedera ini sejak 2014, dan sejak itu pula tulang bahunya kerap mengalami dislokasi selama empat tahun terakhir. Meski begitu, dislokasi yang paling disorot adalah saat ia mendapat pelukan dari Scott Redding usai mengunci gelar MotoGP 2018 di Jepang pada Oktober lalu. Untuk kedua kalinya dislokasi kembali terjadi saat ia kecelakaan di balapan Valencia.

"Operasinya lebih rumit. Bahunya bisa lepas dengan sangat mudah. Ia tak bisa terus seperti itu. Saya nyaris tak memahami bagaimana bisa ia meraih gelar dunia dengan kondisi seperti itu. Tapi begitulah adanya, dan hal ini menunjukkan kehebatannya," terang Dr Xavier.

 

Dr Xavier bersama koleganya, Dr. Victor Marlet dan Teresa Marlet menjalankan operasi ini di Hospital Universitario Dexeus. Beliau menjelaskan, bagian atas tulang humerus Marquez bisa lepas dengan mudah, dan ada kerusakan ligamen pada bagian punggungnya. Inilah yang membuat mereka harus menjalankan dua jenis operasi berbeda. Uniknya, operasi serupa pernah mereka lakukan pada adik Marquez, Alex Marquez beberapa waktu lalu.

"Soal kembali pulih 100%, tak ada yang bisa menjamin. Namun saat Marc tertidur, kami melakukan tes stabilitas. Kami mencoba menggerakkan bahunya ke segala arah, dan jika dilihat dari pengamatan di monitor, bahunya tak lagi dislokasi. Ini tanda baik, karena saat ia sadar ototnya juga lebih menopang. Saat ia rileks, tulang humerusnya juga bisa lebih bergerak leluasa," jelas Dr Xavier lagi.

Penulis: Iwan
Editor:Ganest

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler