Makan Apapun Terasa Pahit Saat Sakit, Ini Penyebabnya!

Makan Apapun Terasa Pahit Saat Sakit, Ini Penyebabnya!

Ilustrasi: Istimewa

JAKARTAINSIGHT.com | Kita semua pernah merasakan ketika sakit makan atau minum apa saja sekalipun menu favorit akan terasa pahit dan menjadi tidak enak. Tentu hal tersebut membuat selera makan terganggu, namun meski begitu kita harus tetap makan untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak drop.

Perlu diketahui, ketika sakit tubuh memerlukan asupan nutrisi , sehingga jika Anda memutuskan untuk menyerah tidak mengkonsumsi makanan atau minuman dikarenakan lidah pahit itu sangatlah tidak baik, bahkan malah akan memperburuk kondisi.

Lalu sebenarnya apa yang menyebabkan lidah kita merasakan pahit pada semua makanan dan minuman ketika sakit? Simak ulasannya berikut!

Menurut penelitian yang dirilis dalam jurnal Brain, Behavior dan Immunity, para ahli menemukan bahwa lidah sebagai indera pengecap akan sangat peka terhadap rasa pahit ketika sedang sakit.

Ketika mengalami infeksi atau peradangan yang membuat kita sakit, ternyata kadar protein tertentu dalam tubuh akan meningkat.

Jenis protein yang mengalami peningkatan ini disebut dalam dunia medis sebagai TNF-α. Selain pada orang yang menderita infeksi atau peradangan, protein ini juga banyak ditemukan pada orang dengan penyakit autoimun.

Hal ini disebabkan karena protein tersebut dibutuhkan oleh sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai penyakit yang menyerang Anda.

Meningkatnya kadar protein TNF-α menyebabkan gangguan pada indra pengecap Anda atau lidah. Protein ini mengaktifkan sel-sel tertentu yang bertanggung jawab untuk mengecap rasa pahit.

Maka, apa pun yang Anda makan atau minum jadi terasa lebih pahit dari biasanya. Meskipun kita harus tetap makan dalam kondisi lidah pahit, perlu strategi untuk mensiasati kurangnya nafsu makan yang dialami yakni dengan mengurangi porsi makan.

Tidak perlu memaksakan harus menghabiskan satu porsi besar makanan seperti saat kondisi normal. Makan sedikit tetapi pastikan asupan nutrisi yang di konsumsi. Dengan begitu pencernaan tidak akan bekerja terlalu keras. 

 

Penulis: Ganest
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler