Dorna Siap Ubah Kebijakan MotoGP Untuk Rider Yang Terjatuh Saat Finish

Dorna Siap Ubah Kebijakan MotoGP Untuk Rider Yang Terjatuh Saat Finish

Pebalap MotoGP terjatuh saat menjelang finis. (istimewa)

JAKARTAINSIGHT.com | Dorna, selaku penyelenggara Kejuaraan MotoGP dan turunan kelasnya akan memperkenalkan aturan baru terkait pebalap yang finis sambil terjatuh. Hal ini supaya pebalap tidak akan merasa dirugikan saat terjadi insiden jelang atau finis.

Melansir dari Autosport, FIM, Dorna, Asosiasi produsen dan Independen belum lama ini menggelar pertemuan Komisi. Hasilnya diperoleh bahwa MotoGP dan turunan kelasnya sepakat mengubah kebijakan soal rider yang finis sambil terjatuh pada 2019.

Kedepannya, rider yang saat finis terpisah dari motornya akan tetap diperhitungkan telah menyelesaikan perlombaan. Untuk catatan waktunya akan dihitung berdasarkan posisi antara pebalap atau motornya yang lebih dulu melewati garis finis, sehingga tidak ada yang merasa dirugikan sebab meski terjatuh, mereka tetap dapat poin.

"Sebelumnya, agar memenuhi syarat sebagai pebalap yang finis, pebalap harus tetap berada dengan mesinnya (motor) saat melintasi garis finis," demikian pernyataan dari sumber FIM.

Berdasarkan pengalaman beberapa waktu lalu, dimana seorang rider karena kecelakaan, pebalap dan motor melewati garis secara terpisah. Di masa depan, waktu selesai akan ditentukan pada bagian pertama dari pengendara atau sepeda motornya, yang melintasi garis finis tetap akan diberikan poin. Tentunya hal ini juga melihat dari posisi terakhir untuk mendapatkan poin.

Kejadian ini sempat menjadi kasus, di mana pebalap yang terjatuh menjelang finis tidak dihitung sebagai rider yang menyelesaikan lomba. Tepatnya terjadi di kelas Moto3 pada 2017 lalu.

Kronologi kejadiannya adalah saat Bo Bendsneyder, pebalap dari tim KTM yang ketika itu dinyatakan out saat balapan di seri MotoGP Belanda. Pebalap tuan rumah itu terjatuh di tikungan pamungkas lap terakhir akibat terseruduk motor lawan yang juga terjatuh.

Bendsneyder melewati garis finis dengan terpisah dari motornya di peringkat ke-10. Meski begitu, ia dinyatakan tercatat tidak mendapat poin atau gagal menyelesaikan perlombaan. 

 

Penulis: Iwan
Editor:Ganest

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler