Jangan Sepelekan Rambutan, Manfaat No.10 bikin Sumringah!

Jangan Sepelekan Rambutan, Manfaat No.10 bikin Sumringah!

Foto: Istimewa

JAKARTAINSIGHT.com | Buah berwarna merah dan mempunyai rambut  hingga diberi nama rambutan ini banyak dikonsumsi masyarakat apabila musimnya tiba. Sensasi menyegarkan saat memakannya karena memiliki rasa manis sedikit asam ini membuat rambutan menjadi tidak membosankan untuk dimakan.

Selain dari rasanya ternyata buah yang memiliki nama latin Nephelium lappaceum ini juga memiliki deretan manfaat mulai dari meningkatkan kesehatan jantung hingga membantu mengobati masalah kulit kepala.

Berikut manfaat buah rambutan bagi kesehatan yang dikutip dari Boldsky:

1. Meningkatkan energi

Kandungan tinggi karbohidrat dan protein dalam buah rambutan memainkan peran penting dalam meningkatkan energi. Variasi vitamin B dalam buah rambutan membantu meningkatkan metabolisme energi, sehingga mengubah karbohidrat menjadi energi yang dapat digunakan oleh tubuh Anda.

2. Meningkatkan kualitas darah

Rambutan kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan penting terkait dengan kekebalan tubuh. Hal ini membantu dalam melawan radikal berbahaya. Manfaat vitamin C pada tubuh tidak terbatas. Kekayaan vitamin dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi, sehingga meningkatkan kualitas darah.

Komponen pembentuk kolagen dalam vitamin C membantu mengurangi peradangan kulit, dan membantu membangun tulang yang lebih kuat dan sendi.

3. Mengurangi sembelit

Kandungan serat yang tinggi pada buah rambutan memiliki dampak langsung  pada peningkatan buang air besar Anda. Serat bertindak sebagai katalis dalam pencernaan yang lebih baik, sehingga membantu dalam mengurangi kemungkinan gangguan pencernaan dan sembelit.

4. Menghilangkan kotoran ginjal

Kandungan fosfor dalam buah membantu dalam menyaring limbah dari tubuh Anda. Mineral penting membantu fungsi ginjal Anda.

5. Membantu menurunkan berat badan

Seperti disebutkan, buah rambutan memiliki kandungan serat yang tinggi. Seiring dengan properti ini, rambutan juga rendah kalori. Kedua sifat tersebut, bersama dengan kandungan air yang tinggi dalam buah membantu mengurangi rasa lapar yang konstan.

Dengan membatasi kebutuhan untuk mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar dan mengurangi lemak yang tidak diinginkan dalam tubuh Anda, buah rambutan adalah pekerja ajaib.

6. Menguatkan tulang

Mengkonsumsi buah rambutan dapat menyediakan sejumlah zat besi, kalsium, dan fosfor yang baik untuk tubuh Anda. Unsur-unsur ini berkontribusi untuk meningkatkan kekuatan tulang, dengan memperbaiki dan mengembangkan tulang yang lebih kuat serta mengurangi kemungkinan pecahnya tulang bahkan penyakit.

7. Membantu mengatasi infeksi

Buah rambutan secara luas dikenal karena sifat antiseptik dan antibakterinya di bidang medis. Dengan mengkonsumsinya membuat tubuh terhindar dari infeksi. Kualitas antiseptik juga membantu penyembuhan cepat luka terbuka.

Dengan demikian menghentikan pembentukan segala bentuk nanah yang dapat menyebabkan radang dan iritasi kulit. Dan sifat antibakteri membantu menyingkirkan bakteri yang tidak diinginkan dan berbahaya.

8. Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah rambutan ditegaskan memiliki dampak positif pada peningkatan kesehatan jantung Anda. Vitamin C membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan mencegah timbulnya penyakit, dan dengan menghilangkan radikal berbahaya. Ini juga membantu memperkuat dan memperbaiki dinding pembuluh darah yang rusak.

9. Meningkatkan kesehatan kulit kepala dan rambut

Sifat antibakteri dari buah rambutan dapat membantu mengobati masalah kulit kepala seperti ketombe dan gatal-gatal. Vitamin C membantu menyehatkan kulit kepala dan rambut Anda, sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut Anda. Demikian juga, kandungan protein dalam buah memperkuat akar rambut, sehingga meningkatkan kualitas rambut Anda.

10. Meningkatkan kualitas sperma

Kandungan tinggi vitamin C dalam buah rambutan telah dikatakan dapat meningkatkan dan menjaga kualitas dan kesehatan sperma. Penelitian telah mengungkapkan dampak vitamin C terhadap perkembangan sperma yang sehat. Oleh karena itu, menggabungkan buah dalam diet dapat membantu meningkatkan kualitas sperma.

 

Penulis: Ganest
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler