Kenali Manfaat dan Mudarat Suana Bagi Kesehatan

Kenali Manfaat dan Mudarat Suana Bagi Kesehatan

Manfaat dan Bahaya Sauna Bagi Kesehatan

JAKARTAINSIGHT.com | Sauna atau mandi uap memang merupakan terapi yang paling banyak diminati masyarakat urban, pertama kali populer di negara-negara Skandinavia, terapi yang sudah berusia ratusan tahun ini dipercaya memiliki efek yang baik bagi kesehatan.

Seiring perkembangan zaman, sauna yang awalnya dilakukan dengan metode penghangatan udara atau sauna konvensional, saat ini juga dapat dilakukan dengan cara modern yang menggunakan peralatan sebagai metode penghangatan, seperti arang, serat karbon aktif, maupun bahan lainnya atau dikenal dengan sauna inframerah.

Terapi sauna memang dipercaya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan diantaranya sebagai cara relaksasi yang mampu mengurangi stres. Sauna juga diduga dapat memulihkan kondisi tubuh sehabis olahraga, karena efektif dalam memperbaiki jaringan otot yang cedera atau sakit.

Selain itu, terapi sauna juga bermanfaat untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, untuk membantu melangsingkan tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, melebarkan pembuluh darah, melancarkan sirkulasi darah, dan membuat tubuh menjadi rileks.

Sejumlah penelitian bahkan menyebutkan fakta lain bahwa melakukan sauna setiap hari selama dua minggu dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah jantung pada penderita kerusakan jantung ringan yang tidak mampu memompa darah secara normal. Mereka yang rutin berelaksasi dengan sauna sebanyak dua hingga tiga kali per minggu dikatakan memiliki penurunan risiko terkena serangan jantung hingga 23 persen. 

Selain memiliki manfaat yang kompleks, terapi sauna ternyata juga menyimpan efek membahayakan bagi tubuh. Sebuah studi menemukan bahwa sauna dapat menurunkan produksi sperma dalam waktu seminggu pasca melakukan terapi tersebut dan hal itu tidak kembali normal hingga lima minggu sesudahnya. Sementara bagi wanita hamil juga harus mengetahui dan menyadari bahwa sauna selama awal kehamilan dapat menyebabkan kelainan embrio atau janin.

The Journal of American Medical Association melaporkan bahwa kasus seorang seseorang yang telah melakukan terapi sauna secara teratur dapat mengembangkan demam, menggigil, dan bisa berkembang menjadi sesak napas dan kelelahan.

Penelitian lainnya menyebutkan, dalam laporan yang dirilis oleh Departemen Psikiatri di University of Minnesota Medical School pada tahun 1991 menyatakan bahwa 14 pasien penderita bulimia diketahui secara rutin menghabiskan waktu yang lama di sauna sebagai teknik pengendalian berat badan. Meraka telah menyalahgunakan sauna dengan ditambah konsumsi diuretik dan obat pencahar yang menyebabkan terjadinya dehidrasi.

Selain hal tersebut diatas, sauna juga dapat menyebabkan sejumlah penyakit diantaranya :Memicu gangguan pada jantung, gangguan kehamilan, Memicu syok hipovolemik (Hal ini merupakan kombinasi dari dehidrasi dan penurunan tekanan darah. Ini terjadi ketika tekanan darah dan volume darah menjadi begitu rendah sehingga jaringan tubuh tidak bisa mendapatkan oksigen yang mereka butuhkan), memicu stroke .

Bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat maksimal dar terhindar dari sejumlah hal membahayakan akibat sauna, berikut hal yang bisa Anda lakukan :

Berikut ini tips melakukan sauna :

 

  1. Sebelum melakukan terapi sauna, sebaiknya Anda minum banyak cairan, terutama setelah melakukan aktivitas berat seperti olah raga. Hal ini akan membantu menghindari overheating saat sedang melakukan terapi ini.
  2. Menurut Harvard Health Publications, sebelum melakukan terapi sauna sebaiknya Anda menghindari minuman beralkohol, terlalu banyak makan, maupun konsumsi obat-obatan seperti stimulan, obat penenang maupun obat resep lainnya, karena hal ini dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh dan menyebabkan masalah kesehatan.
  3. Sebaiknya tidak melakukan kegiatan sauna seorang diri, hal ini akan memberikan bantuan saat terjadi hal yang tidak diinginkan pada diri Anda. Misalnya saja pingsan, maupun kondisi menghawatirkan lainnya selama sauna.
  4. Jangan terlalu lama berdiam diri di dalam ruang sauna. Jika Anda mulai merasa pusing, mual, maupun sakit kepala, sebaiknya segera menghentikan kegiatan tersebut.
  5. Lakukan pendinginan tubuh secara bertahap setelah melakukan sauna. Tunggu beberapa saat sebelum Anda melakukan mandi dengan air dingin. Hal ini bisa membantu menghindari tekanan berlebih pada jantung. Minum cairan air dingin sekitar 2 hingga 4 gelas setelah melakukan sauna. Hal ini berguna untuk membantu proses pendinginan tubuh.

 

Dilansir dari berbagai sumber

Penulis: Addo
Editor:Ganest

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler