Minum Air Hangat atau Dingin Baiknya Setelah Bangun Tidur?

Minum Air Hangat atau Dingin Baiknya Setelah Bangun Tidur?

ilustrasi: istimewa

JAKARTAINSIGHT.com | Meminum air putih di pagi hari adalah kebiasaan yang sangat menyehatkan, untuk itu ketika bangun tidur kita disarankan untuk melakukannya. Tapi sayang kebiasaan baik tersebut masih belum banyak dilakukan.

Nah bagi yang sudah melakukan kebiasaan baik itu ada yang mengatakan bahwa minum air putih hangat lebih baik daripada air putih yang dingin, lalu bagaimanakah sebenarnya? Mana lebih baik?

Berbagai pandangan pun dikemukakan, ada yang mengatakan bahwa minum air dingin agat terjadi lebih banyak pambakaran kalori. Menurut Cassie Vanderwall, seorang ahli gizi klinis, minum air putih setelah bangun tidur sebaiknya tidak jauh dari suhu tubuh kita.

“kapanpun kita mencerna sesuatu yang temperaturnya berbeda dari temperatur tubuh kita yaitu 37C maka tubuh perlu bekerja lebih keras,” kata Cassie.

Kebiasaan minum air hangat setelah bangun tidur kerap dilakukan oleh model Victoria’s Secret, Lingsay Ellingson untuk menjaga kebugaran tubuhnya. Kegiatan itu rutin dilakukannya berasal dari pengobatan kuno India, Ayurveda. Konon kebiasaan tersebut tubuh lebih mudah menyerapnya dan lambung jadi lebih tenang.

Sementara anggapan minum air dingin bisa membakar lebih banyak kalori dijawab oleh Leslie Bonci, ahli gizi dan pemilik Active Eating Advice, dengan mengatakan minum air putih dingin membuat tubuh mengatur suhu sendiri dan tidak menjanjikan penurunan berat badan.

"Ketika Anda minum secangkir air dingin membakar 8 kalori lebih banyak. Bahkan jika Anda meminum 8 gelas, kalori yang terbakar hanya 64. Jumlah ini bahkan tidak menyamai kalori pretzel," ungkap Leslie.

Sedangkan Jika minum air hangat dibilang bisa membuat nyaman lambung mungkin bisa dilakukan bagi mereka yang memiliki masalah pada lambung. Namun soal air hangat membuat tubuh lebih mudah menyerap belum ada bukti yang menguatkannya.

Terlepas dari perbedaan dua pandangan tersebut, mana yang lebih baik antara minum air hangat atau air dingin setelah bangun tidur, sebaiknya tetap berpegang untuk mengkonsumsi air putih rutin setiap hari untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

 

Penulis: Ganest
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });