Posisinya Digantikan Cak Nanto, Dahnil Angkat Bicara

Posisinya Digantikan Cak Nanto, Dahnil Angkat Bicara

Dahnil Anzar Simanjuntak berkomentar terkait terpilihnya Cak Nanto sebagai Ketua PP Pemuda Muhammadiyah

JAKARTAINSIGHT.com | Sunanto atau akrab disapa Cak Nanto resmi menjabat sebagai Ketua PP Pemuda Muhammadiyah periode 2019-2022 menggantikan Dahnil Anzar Simanjuntak menyusul hasil Muktamar XVII PP Pemuda Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah (UMY), yang Bantul, berlangsung dari tanggal 25-28 November 2018 Rabu kemarin.

Dengan perolehan sebanyak 590 suara, Cak Nanto resmi terpilih daan menyingkirkan sejumlah nama kandidat lainnya, diantaranya Ahmad Fanani dengan 266 suara, Ahmad Labib 292 suara, Andi Fajar Asti 0 suara, Faisal 2 suara, dan Muhammad Sukron 2 suara.

Pria kelahiran Desa Lobuk, Sumenep, 24 September, 38 tahun lalu tersebut sebelumnya menjabat sebagai Ketua Hikmah dan Hubungan Antar Lembaga PP Pemuda Muhammadiyah periode 2014-2018.

Menanggapi terpilihnya Cak Nanto yang menggantikan dirinya sebagai Ketua PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar berkomentar, "Ada kandidat-kandidat yang tentu jauh lebih baik dari saya. Mereka bisa membawa Pemuda Muhammadiyah lebih melesat dan mencerahkan," ujar Dahnil.

Lebih lanjut, Ketua Koordinator BPN Prabowo-Sandiaaga tersebut juga menambahkan,"Saya berharap Cak Nanto mampu memajukan Pemuda Muhammadiyah. Tugas dakwah sesuai amar ma'ruf nahi munkar harus terus dijaga. Sebab dakwah merupakan tugas bagi generasi muda dan harus terus dilakukan." Sambung Dahnil.

Dalam kesempatan yang berbeda, Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Raja Juli Antoni yang juga merupakan Mantan Ketua Ketua Umum Ikatan Pelajar Muhammadiyah turut menanggapi terpilihnya Cak Nanto menggantikan Dahnil. Antoni berkomentar, Kemanangan Cak Nanto menurutnya seperti memperlihatkan hukuman bagi Dahnil yang kerap menyeret organisasi dalam kepentingan politiknya.

"Ini hukuman bagi Dahnil Simanjuntak yang mengenderai Pemuda Muhammadiyah secara ugal-ugalan, menyeret-nyeret Pemuda Muhammadiyah ke lingkaran politik praktis untuk kepentingan personal dirinya," ungkap Wakil Sekretaris Tim Jokowi-Ma'ruf Amin tersebut.

Lebih lanjut Antoni juga menambahkan, "Pernyataan Cak Nanto setelah terpilih menunjukkan bahwa ia seperti halnya Pak Haedar Nashir (Ketum PP Muhammadiyah) akan menjaga Muhammadiyah dari intervensi kepentingan politik," tutup Antoni.

Sebelumnya, usai terpilih menjabat Ketua PP Pemuda Muhammadiyah 2019-2022, dalam sambutannya, Cak Nanto berjanji PP Pemuda Muhammadiyah tidak boleh berpolitik praktis. Namun dia tidak bisa mengekang kadernya yang berafiliasi dengan partai politik tertentu. 

"Seperti yang saya katakan Pemuda Muhammadiyah tidak akan kami seret ke dunia politik praktis. Tapi akan kami gerakkan kader-kader yang memiliki potensi secara individu untuk berpolitik," ungkap Cak Nanto.

Penulis: Addo
Editor:Yazeed Alexander

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });