Fakta !! Mandi Malam Ternyata Memiliki Manfaat Kesehatan

Fakta !! Mandi Malam Ternyata Memiliki Manfaat Kesehatan

Gambar (istimewa)

JAKARTAINSIGHT.com | Selama ini, muncul anggapan di masyarakat bahwa mandi malam hari dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, sebut saja asma, Rematik, hingga paru-paru basah. Benarkah anggapan tersebut.? Berikut faktanya dari kacamata medis.

Dilansir dari laman dokter sehat, mandi malam justru memiliki manfaat yang sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh menjadi lebih baik. Disebutkan, mandi malam akan membuat badan Anda menjadi lebih segar, apalagi jika Anda banyak melakukan aktivitas yang membuat tubuh berkeringat dan terkena debu atau banyak kotoran.

Dengan kondisi badan segar, dr. Amy Shah mengungkapkan tubuh akan lebih nyaman dan mendapatkan tidur yang nyenyak. Dengan mendapatkan tidur yang berkualitas, maka hal ini akan otomatis mendukung kesehatan tubuh menjadi lebih baik.

Lebih jauh dr. Amy mengungkapkan, mandi malam sebaiknya dihindari orang yang memiliki riwayat alergi dingin, asma yang sering kambuh, flu, atau sedang demam. Perlu diingat bahwa mandi malam tidak menyebabkan penyakit tersebut, tapi suhu dingin karena mandi malam akan memperparah penyakit-penyakit tertentu.

Terkait anggapan dapat menyebabkan TBC dan rematik, dr. Amy menjelaskan, Rematik disebabkan oleh sebuah proses autoimun yang belum dapat dijelaskan sedangkan paru-paru basah atau TBC paru adalah sebuah penyakit infeksi oleh bakteri Mycobacterium tuberculosa. Atau dengan kata lain, hal tersebut salah. 

Mandi malam tidak dianjurkan untuk bayi, karena bayi sangat rentan terhadap ketidakstabilan suhu pada tiga bulan pertama kehidupannya. Suhu dingin bisa menyebabkan hipotermia, yaitu kondisi ketika temperatur tubuh seseorang turun drastis hingga di bawah 35 derajat Celcius.

 

Penulis: Addo
Editor:Ganest

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler