Bagaimana Nasib Mitsubishi Setelah Bos Nissan Ditangkap?

Bagaimana Nasib Mitsubishi Setelah Bos Nissan Ditangkap?

Foto: Istimewa

JAKARTAINSIGHT.com | Awan kelabu sedang memayungi perusahaan otomotif asal Jepang Nissan, pasalnya Chairman Nissan Motor, Carlos Ghosn ditangkap aparat dengan tuduhan melakukan konspirasi menyelewengkan uang perusahaan.

Ironisnya, Ghosn adalah sosok yang mengubah nasib Nissan di awal tahun 2000-an silam sekaligus mengepalai aliansi tiga perusahaan otomotif yakni Renault-Nissan-Mitsubishi.

Ia ditangkap setelah adanya penyelidikan internal yang mengungkap bukti-bukti bahwa dirinya telah memalsukan laporan gaji dan memanfaatkan perusahaan (Nissan) untuk kepentingan pribadi selama bertahun-tahun.

Rentetan tuduhan kepada Ghosn pun dibeberkan Jaksa dalam sebuah pernyataan yang menyebut bahwa Ghson dan Direktur Perwakilan, Greg Kelly, berkonspirasi untuk tidak mencantumkan seluruh kompensasi yang diterima Ghosn sejak 2010 dengan besaran senilai 5 miliar yen (Rp647,9 miliar).

Ia juga dituduh mengisi laporan sekuritas tahunan berisi pernyataan-pernyataan palsu sehingga dirinya terancam hukuman 10 tahun penjara atrau denda 10 juta yen atau keduanya.

Setelah berita penangkapan itu tersebar, masa depan aliansi tiga perusahaan otomotif Renault-Nissan-Mitsubishi masih belum jelas. Padahal kerja sama aliansi otomotif tersebut menghasilkan penjualan 10,61 juta unit mobil penumpang dan kendaraan ringan untuk komersial.

Raihan tersebut menjadikan mereka sebagai kelompok otomotif nomor satu dunia mengalahkan Volkswagen dan Toyota dalam hal penjualan kendaraan.

Kini baik Nissan maupun Mitsubishi menyatakan tengah bersiap mencopot Ghosn dari jabatannya, sedangkan dewan direksi Renault dijadwalkan akan bertemu untuk menentukan masa depan sang Chairman itu.

Mengenai nasib aliansi otomotif Renault-Nissan-Mitsubishi, Direktur Eksekutif Nissan, Hiroto Saikawa menegaskan bahwa kemitraan ketiga perusahaan tersebut tidak akan berdampak atas kejadian penangkapan itu.

Penulis: Ganest
Editor:Yazeed Alexander

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler