Benarkah Rutin Bangun Pagi Bisa Kurangi Risiko Kanker Payudara?

Benarkah Rutin Bangun Pagi Bisa Kurangi Risiko Kanker Payudara?

Ilustrasi: Istimewa

JAKARTAINSIGHT.com | Ada ungkapan mengatakan kalau bangun siang rejeki dipatok ayam, ungkapan tersebut menandakan bahwa seseorang harus bangun pagi agar mudah mencari rejeki.

Seperti kita ketahui, rejeki tidak melulu soal uang ataupun materi, tetapi juga meliputi banyak hal yang termasuk di dalamnya adalah kesehatan.

Bicara tentang kesehatan dan bangun pagi, dari penelitian terbaru terungkap bahwa orang-orang yang biasa bangun pagi memiliki risiko rendah terkena kanker payudara jika dibandingkan dengan mereka yang suka bangun siang.

Dikutip dari Metro UK (7/11), studi di University of Bristol, Inggris, membandingkan ratusan ribu data. Mereka menemukan bahwa mereka yang rajin bangun pagi, cenderung berisiko kanker payudara 40 sampai 48 persen lebih rendah.

Terkait hal tersebut, pada penelitian sebelumnya juga diungkap bahwa mereka yang hobi begadang memiliki mutasi gen yang menyebabkan jam tubuh mereka berjalan dengan berbeda, pergi tidur dan bangun lebih lambat dari biasanya.

Dalam penelitian terbaru, hal itu mungkin terkait dengan peningkatkan risiko kanker payudara pada orang yang hobi begadang.

"Menggunakan varian genetika yang terkait dengan preferensi seseorang soal pagi atau malam, durasi tidur, dan insomnia, kami menyelidiki apakah ciri-ciri tidur ini memiliki kontribusi kausal terhadap risiko pengembangan kanker payudara," kata pimpinan ilmuwan Dr. Rebecca Richmond.

Meskipun begitu, temuan tersebut masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut tentang mekanisme yang memperkuat hasil temuan.

"Kami ingin melakukan penelitian lebih lanjut untuk menyelidiki mekanisme yang mendukung hasil ini. Karena perkiraan yang diperoleh berdasarkan pertanyaan yang berkaitan dengan preferensi pagi atau malam, daripada apakah orang-orang bangun lebih awal atau lebih lambat pada hari itu," tambahnya.

Namun yang perlu disoroti adalah penelitian ini juga menemukan bukti bahwa tidur melewati jumlah waktu yang disarankan juga tak baik bagi kesehatan.

Wanita yang tidur lebih dari tujuh hingga delapan jam terpapar risiko terkena kanker payudara sebesar 20 persen per jamnya.

 

Sumber: merdeka.com

 

 

Penulis: Ganest
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler