Selamatkan Data Facebook Anda Dengan Cara Berikut!

Selamatkan Data Facebook Anda Dengan Cara Berikut!

Halaman Facebook. (Foto: Istimewa)

JAKARTAINSIGHT.com | Semenjak kejadian bocornya data pengguna Facebook beberapa waktu lalu, nampaknya membuat banyakborang khawatir akan keamanan data mereka di media sosial terpopuler itu.

Skandal Cambridge Analytica yang terjadi lalu harus diwaspadai bagi seluruh pengguna Facebook, terutama dalam memproteksi informasi pribadi dalam akun tersebut.

Ada beberapa cara agar data Anda tidak dicuri dan disalahgunakan sehingga dapat terhindar dari korban kejahatan atau hal lainnya yang dapar merugikan Anda.

Berikut cara sederhana agar data Facebook Anda tidak dicuri dan disalahgunakan:

Hapus nomor ponsel

Mencantumkan nomor ponsel dalam akun Facebook Anda bisa membuka peluang  untuk disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Jika Anda terlanjur mencantumkannya sebaiknya dihapus saja.

Tidak menaruh tanggal lahir

Tanggal dan tempat lahir banyak digunakan untuk berbagai keperluan penting seperti perbankan. Orang dengan niat buruk bisa dengan mudah mengakses rekening bank atau dan hal bersifat penting yang menggunakan data pribadi Anda.

Hapus foto masa kecil

Foto semasa kecil memang sangat berkesan dan akan selalu memancing memori untuk mengingat banyak kenangan indah dan mengasyikan.

Tapi, stop untuk memajang foto tersebut! Ingatlah, dalam facebook Anda berteman dengan siapapun, bahkan yang tidak Anda kenal baik sekalipun.

Ketahuilah, tidak tertutup kemungkinan salah satu dari daftar teman Anda adalah pelaku dari pihak tidak bertanggung jawab.

Jangan tandai lokasi

Anda mungkin lupa telah menandai lokasi terkini seperti di rumah atau lokasi lainnya di Facebook. Dengan begitu berarti Anda telah memberi tahu alamat Anda kepada siapapun.

Stop pamer berwisata

Ups, jangan bangga dulu apalagi senang ketika Anda memposting foto saat liburan. Ketika Anda berwisata, kemungkinan rumah Anda kosong, dan itu akan diketahui oleh orang lain. Semoga saja orang-orang yang mengertahui kondisi tersebut tidak ada yang berniat merampok rumah Anda.

Jangan pernah pajang tiket pesawat

Barcode pada tiket pesawat memiliki kode unik yang jika sampai diketahui orang yang tidak bertanggung jawab, barcode tersebut bisa digunakan untuk mengetahui informasi pribadi Anda yang telah diberikan kepada perusahaan penerbangan.

Penulis: Ganest
Editor:Ganest

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler